UKS Diharapkan Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Pacitan

oleh -131.399 views
Indartato saat menghadiri Rakerda UKS, Kamis (5/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Indartato saat menghadiri Rakerda UKS, Kamis (5/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan ikut meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Itu disampaikan Bupati Indartato saat membuka acara Rakerda UKS, Pemilihan Dokter Kecil, dan Duta Kesehatan Remaja di pendopo kabupaten, Kamis (5/10/2017).

“Salah satu upaya kita adalah melalui UKS,” kata dia.

Upaya itu jelas arahnya. Sebab telah dituangkan dalam RPJMD nomor 5 tahun 2016. Dimana disitu disebutkan ada tiga hal meningkatkan derajat kesehatan. Yakni, perilaku sehat yang penjabarannya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, lingkungan hidup, dan layanan kesehatan.

Menurut bupati UKS menjadi bagian dari tahap awal usaha peningkatan derajat kesehatan. Karena para siswa merupakan generasi penerus. Penerima tongkat estafet untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Termasuk program-program pembangunan yang kini telah dilakukan maupun baru direncanakan.




“Yang meneruskan kita semua adalah anak didik kita. Mulai gerakan cuci tangan sampai kesehatan lingkungan sekolah. Jika anak-anak kita sehat, maka akan terwujud generasi yang cerdas,” katanya.

Ketua Harian Tim Pembina UKS dr. Eko Budiono menyampaikan ruang lingkup UKS tercantum dalam trias. Yaitu penyelenggaraan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

“Sasarannya sendiri adalah seluruh peserta didik mulai TK, madrasah, pendidikan menengah, kejuaruan, maupun pendidikan khusus,” terang dia. (Humas Pemkab/RAPP002)