Pacitan Dorong Peran Paguyuban Antardaerah Bangun Kawasan Perbatasan

oleh -131.147 views
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)
Perbatasan di Pantai Nampu (Foto : doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Infrastuktur jalan di wilayah perbatasan masih menjadi kendala yang harus diperhatikan. Meski upaya perbaikan akses transportasi itu sudah dilakukan namun kondisinya belum memenuhi harapan masyarakat.

Pasalnya, jalan penghubung antardaerah tersebut memiliki tingkat permasalahan tidak sama. Di lain pihak masing-masing daerah juga memiliki prioritas pembangunan yang berbeda.

“Masing masing daerah harus menyatukan persepsi agar nyambung karena pembangunan harus diawali dari perencanaan”, ujar Putatmo Sukandar, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Pacitan, dikutip dari laman Pemkab Pacitan, Kamis (5/10/2017).




Menurut Iput -sapaan Putatmo- keberadaan akses di kawasan perbatasan cukup vital. Khususnya menyangkut roda kehidupan ekonomi masyarakat.

Salah satu langkah yang mungkin akan dilakukan Pemkab Pacitan guna mengatasi masalah tersebut adalah melakukan komunikasi dengan pemkab tetangga. Selain itu juga mendorong paguyuban kerjasama antardaerah yang selama ada untuk lebih berperan aktif.

“Akses jalan sangat penting bagi warga perbatasan karena menjadi penghubung perekonomian,” lanjut Putatmo Sukandar.

Selama ini, menurutnya sudah ada Paguyuban Golek Pawon (Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Wonogiri), Paguyuban Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi Magetan Madiun dan Ponorogo) serta Pawonsari (Pacitan, Wonogiri,Wonosari). Dari ketiganya baru Pawonsari yang sudah berbentuk Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD). Sedangkan lainya baru sebatas paguyuban.

Melalui kerjasama inilah lanjut Putatmo, diharapkan permasalahan di perbatasan dapat terpikirkan dan terselesaikan bersama.

Seperti diketahui, untuk mengetahui kondisi infrastruktur perbatasan, Bupati Pacitan Indartato,Selasa (3/10/2017) melakukan kunjungan ke Desa Sembowo Kecamatan Sudimoro. Desa tersebut berbatasan dengan Kecamatan Ngrayun, Ponorogo.

Melihat kondisi di lapangan, orang nomor satu di Pacitan itu menyatakan, akses dikawasan perbatasan memang perlu pembenahan. Karena menyangkut dua wilayah di dua daerah maka harus ada kordinasi yang baik diantara keduanya. (Pemkab/RAPP002)