Mantap, Kini Ada Monumen Penyu Raksasa di Pantai Taman

oleh -1.673 views
Monumen penyu di Pantai Taman, Ngadirojo. (Foto: Wisata Pendidikan TEB Malang)
Monumen penyu di Pantai Taman, Ngadirojo. (Foto: Wisata Pendidikan TEB Malang)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Masyarakat dan pengunjung di obyek wisata Pantai Taman di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo kini semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di pantai yang menjadi pusat konservasi penyu di Pacitan tersebut.

Selain dapat melihat taman penyu, kini ada monumen penyu raksasa yang menambah fasilitas pantai Taman, yang dibangun atas kerjasama TEB Malang 2001, masyarakat Pantai Taman dan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Pacitan. Monumen penyu raksasa tersebut dibangun diatas bebatuan karang ppantai yang terletak di dekat pusat konservasi taman penyu Pantai Taman.




Sebagaimana diketahui, Pemkab melalui Dinas Kelautan Pacitan berupaya menggandeng warga untuk melestarikan penyu. Sejak akhir 2013, konservasi binatang tersebut dijalankan melalui kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Hingga kini, ribuan tukik (anak penyu) yang kembali dilepas ke laut.

Salah satu pengelola Kelompok Konservasi Penyu di Pantai Taman Jumiran beberapa waktu lalu mengatakan jenis yang dilestarikan adalah penyu hijau (Chelonia mydas) dan sisik (Eretmochelys imbricata).

Menurut dia, konservasi penyu juga berimbas positif bagi peningkatan pengunjung di lokasi wisata tersebut. Sebelum pelestarian hewan itu berlangsung, jumlah wisatawan setiap libur akhir pekan hanya berkisar 50-an orang. Namun sekarang meningkat menjadi berkisar 150-200 orang.

Selain wisatawan lokal, pengunjung dari beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah kerap kali singgah di pantai yang berjarak sekitar 30 kilometer di sisi timur Kota Pacitan tersebut.

Sementara, pengurus Konservasi Penyu Pacitan, Suyanto, mengatakan, dua jenis penyu sudah bertelur di Pantai Taman sepanjang tahun ini. Puluhan telur penyu hijau dan penyu sisik itu diperkirakan menetas pada bulan Agustus mendatang. 

Selain kawasan konservasi penyu, Pantai Taman sendiri saat ini memiliki wahana lain yang tak kalah menantang, yakni Flying Fox yang disebut terpanjang di Indonesia. (RAPP002)