Indartato ‘Blusukan’ Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

oleh -1.385 views
Indartato mengisi air bersih warga Desa Petung Sinarang, Kecamatan Bandar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Indartato mengisi air bersih warga Desa Petung Sinarang, Kecamatan Bandar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Pemerintah Kabupaten Pacitan terus mendistribusikan air bersih ke titik-titik darurat kekeringan di Pacitan, salah satunya adalah Desa Petung Sinarang, Kecamatan Bandar pada Sabtu (23/9/2017) sore WIB.

Dipimpin langsung oleh Bupati Indartato bersama Luki Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Pemkab menyalurkan air bersih kepada puluhan kepala keluarga di Balai Desa Petung Sinarang.

Dalam kesempatan tersebut, Indartato menyerahkan bantuan air bersih sebanyak total 18 ribu liter air bersih yang terbagi menjadi 4 rit tangki air bersih dengan menggunakan tiga armada truk tangki air bersih.

Desa Petung Sinarang sendiri merupakan satu dari puluhan desa di Kabupaten Pacitan yang warganya dilanda krisis air bersih.




Tak hanya membagikan air bersih, bupati dan rombongan lantas mendatangi sumber air bersih Nginuman di desa setempat. Keberadaan sumber air tersebut cukup vital sebagai pemasok air baku untuk masyarakat di desa tersebut. Peran itu paling tidak terasa ketika sejumlah warga datang silih berganti mencari air.

“Karena itu sore ini saya dan rombongan melihat sumber air yang dapat dimanfaatkan. Ini menjadi prioritas pemerintah daerah untuk melayani kebutuhan air bersih,” kata Bupati Indartato.

Saat ini distribusi air bersih masih terus dilakukan pada zona-zona merah darurat air bersih. Sebagai upaya jangka pendek mengatasi kekurangan air.

“Alhamdulillah disini masih ada sumber dengan debit yang mencukupi. Mudah-mudahan tahun depan dapat dibenahi. Masalah disini (sumber Nginuman,Red) hanya hal pemeliharaan saja,” tukas Indartato. (Humas Pemkab/RAPP002)