Malam ini, Jamaah Haji Asal Pacitan Tiba di Debarkasi Surabaya

oleh
Para jamaah calon haji Pacitan saat pemberangkatan pada Rabu (2/8/2017).
Para jamaah calon haji Pacitan saat pemberangkatan pada Rabu (2/8/2017).

Pacitanku.com, PACITAN—Sebanyak 172 jamaah haji dari Kabupaten Pacitan pada Rabu (13/9/2017) pukul 20.30 WIB dijadwalkan tiba debarkasi Surabaya dan menuju ke asrama haji Sukolilo. Para jamaah tersebut langsung dijemput untuk menuju ke Pendopo Kabupaten Pacitan dan dilakukan upacara penyambutan.

Berdasarkan jadwal yang diterima Pacitanku.com, jamaah haji Pacitan yang tergabung dalam kelompok terbang 22 bersama Kabupaten Ngawi tersebut akan disambut langsung oleh Bupati pacitan pada Kamis (14/9/2017) pukul 06.00 WIB.

Sebagai informasi, setelah diberangkatkan pada Kamis (3/8/2017) lalu, 172 jamaah haji Pacitan tersebut sudah selesai menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

Adapun, Sominem Abdul Jalal Kadimin (84) menjadi calon haji (Calhaj) tertua asal Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung yang berangkat ke tanah suci, sementara yang termuda Syabit Fansuri Chabib (28) dari Kelurahan Baleharjo Kecamatan Pacitan.




Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Pacitan (Kemenag) Agus Hadi Prabowo mengatakan dari Calhaj Pacitan sebanyak 172 jamaah, separuh lebih berusia 50 hingga 60 tahun. Berdasarkan jenis kelamin, 89 orang jamaah laki-laki dan 84 orang jamaah perempuan.

Pada tahun ini, dari Pacitan juga ada satu jamaah calon haji Kabupaten Pacitan batal berangkat ke tanah suci dikarenakan mendadak sakit. Calhaj yang batal berangkat tersebut adalah M Syaid (62), warga Kelurahan Baleharjo Kecamatan Pacitan.

Agus mengatakan bahwa Syaid sebenarnya sudah mengikuti seluruh rangkaian persiapan ibadah haji atau manasik haji, termasuk latihan lempar jumroh bersama rombongan calon haji lainnya.“Namun, karena kondisi kesehatan tak memungkinkan pihak keluarga pun memutuskan untuk menunda keberangkatan beliau pada tahun depan,”katanya.(RAPP002)