Ini Potensi Desa Ngadirojo, Finalis Lomba BBGRM Tingkat Nasional

Desa Ngadirojo finalis, Lomba BBGRM Nasional. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo mewakili Provinsi Jawa Timur dalam lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat nasional pada tahun 2017.

Desa yang terdiri dari tiga dusun ini memiliki potensi unggulan yang beragam. Adapun potensi yang ada di Desa Ngadirojo tersebut adalah batik tulis, kemudian industri rumahan kerupuk dan rengginang. Selain itu, desa ini juga memiliki produksi budidaya ikan air tawar.

Untuk mengembangkan usahanya, Desa Ngadirojo juga memfasilitasi masyarakat dengan pembangunan ruko yang disewakan untuk jual beli.

Rooy John Salamony, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Dana Desa Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa Desa Ngadirojo masuk lima besar nasional.




Hal itu dikatakan Rooy saat berkunjung dalam kegiatan verifikasi penilaian Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat nasional tahun 2017, Selasa (12/9/2017) di Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Rooy mengungkapkan bahwa pemerintah telah menunjukkan keberpihakan pada desa, diantaranya dengan pemberian desa sampai Rp 800 juta untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Wakil Bupati Yudi Sumbogo dalam sambutannya mengungkapkan, Desa Ngadirojo adalah juara tingkat provinsi 2016 untuk ajang yang sama.

“Ada semangat yang ditunjukkan warga Ngadirojo mulai saat penyambutan tadi, peran dan kerjasama masyarakat dengan pemerintah dalam bentuk gotong royong membangun desa untuk menyejahterakan masyarakat,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, tim verifikasi juga dihibur penampilan Kolosal Legenda Kaprutan dan persembahan Tari Kipyah Wonopolo oleh siswa SMA N 1 Ngadirojo. Tim verifikasi pun melaksanakan peninjauan ke pos-pos sesuai indikator penilaian.

Adapun, kriteria penilaian ada  empat indikator yaitu kemasyarakatan, ekonomi, kesejahteraan sosial dan kebersamaan, serta kebersihan lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, Rooy didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luky Tribaskorowati Indartato, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur Agus Wahyudi.

Kontributor: Sarwono

Desa Ngadirojo Finalis Lomba BBGRM 2017

Posting Terkait