Indartato: Jembatan Grindulu Perlu Ditata Agar Lebih Indah

Indartato saat mengecek perkembangan pembangunan jembatan Grindulu. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –Proyek jembatan Grindulu sepanjang 750 meter yang berada antara sisi timur dan barat sungai pada ruas Jalan Lintas Selatan (JLS) perlu ditata lebih baik, agar terlihat lebih indah. Hal itu diungkapkan Bupati Pacitan Indartato disela mengecek perkembangan pembangunan jembatan Grindulu jilid II, Senin (11/9/2017).

Jembatan tersebut diperkirakan selesai pada bulan Desember 2017 mendatang, atau lebih cepat dari rencana sebelumnya yang ditarget pada pertengahan tahun 2018.

Menurut Indartato, jika kemudian sarana penyeberangan sepanjang 750 meter itu jadi, tidak hanya akan memperlancar akses transportasi warga sekitar saja. Lebih dari itu, ruas JLS yang sebelumnya belum berfungsi penuh akan mulai ramai dilalui pengguna jalan dari luar kota.




Indartato juga berkeinginan agar ada penataan pada lokasi jembatan. Sehingga kesannya jadi lebih indah. “Apalagi disini juga dilalui wisata perahu,” ucapnya.

Sebagai informasi, anggaran multiyears kelanjutan proses pengerjaan JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu diambilkan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2014 lalu dan sebagian APBN 2015. Adapun, total besaran anggarannya mencapai Rp 98,3 miliar.

Masing-masing, Rp 20,3 miliar untuk pengerjaan jembatan Grindulu II yang memiliki panjang sekitar 750 meter dan lebar sekitar 10 meter. Dan, Rp 78 miliar untuk pengerjaan jembatan Sirnoboyo yang memiliki panjang sekitar 350 meter.

Sebagai informasi, rencananya jalur ini akan difungsikan sebagai percepatan akses perekonomian penunjang pembangunan Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Meskipun, saat ini proses pembangunan pelabuhan tersebut masih terkendala akses jalan yang dinilai masih terlalu tinggi.

Adapun untuk total pembangunan dua jembatan penghubung JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 348,9 miliar. Rinciannya, Rp 253,96 milyar untuk pembangunan jembatan Grindulu II dan Rp 95,9 miliar untuk pembangunan jembatan Sirnoboyo. (Humas/RAPP002)

 

Indartato Jembatan grindulu

Posting Terkait