Akhir Tahun, Pembangunan Jembatan Grindulu Rampung

Proyek jembatan grindulu sebagai bagian dari proyek JLS. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –Proyek jembatan Grindulu sepanjang 750 meter yang berada antara sisi timur dan barat sungai pada ruas Jalan Lintas Selatan (JLS) diperkirakan selesai pada bulan Desember 2017 mendatang, atau lebih cepat dari rencana sebelumnya yang ditarget pada pertengahan tahun 2018.

“Sesuai penjelasan dari Balai (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, Red) Desember dapat dipakai,” kata Bupati Indartato disela-sela menyaksikan pemasangan girder jembatan, Senin (11/9/2017).




Sementara, pejabat Pembuat Komitmen Gelonggong-Pacitan-Hadiwarno Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VIII Jawa Timur Syifa Udhuka menjelaskan, beroperasinya jembatan pada akhir tahun nanti berarti lebih cepat dari kontrak. Saat ini progres pembangunan telah mencapai sekitar 82 persen.

“Pelaksanaannya sendiri sampai bulan Juli 2018. Tapi kontraktor bisa melaksanakan pekerjaan lebih cepat,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa  dua bentang girder yang belum selesai, akan dilakukan percepatan. Selanjutnya akan dilakukan pembuatan bangunan atas serta pengaspalan. Anggaran multiyears kelanjutan proses pengerjaan JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu diambilkan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2014 lalu dan sebagian APBN 2015.

Adapun, total besaran anggarannya mencapai Rp 98,3 miliar. Masing-masing, Rp 20,3 miliar untuk pengerjaan jembatan Grindulu II yang memiliki panjang sekitar 750 meter dan lebar sekitar 10 meter. Dan, Rp 78 miliar untuk pengerjaan jembatan Sirnoboyo yang memiliki panjang sekitar 350 meter.

Sebagai informasi, rencananya jalur ini akan difungsikan sebagai percepatan akses perekonomian penunjang pembangunan Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Meskipun, saat ini proses pembangunan pelabuhan tersebut masih terkendala akses jalan yang dinilai masih terlalu tinggi.

Adapun untuk total pembangunan dua jembatan penghubung JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 348,9 miliar. Rinciannya, Rp 253,96 milyar untuk pembangunan jembatan Grindulu II dan Rp 95,9 miliar untuk pembangunan jembatan Sirnoboyo. (Humas/RAPP002)

Indartato Jembatan Jembatan grindulu Pacitan

Posting Terkait