BPJS Ketenagakerjaan Pacitan Optimistis Target Kepesertaan Meningkat

oleh -131.498 views
Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Minulyo
Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Pasar Minulyo

Pacitanku.com, PACITAN – Kantor Cabang Perintis Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (KCP BPJS) Ketenagakerjaan Pacitan optimistis bisa lebih cepat dalam perluasan kepesertaan di kampung halaman Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Pacitan Indra Gunawan menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi di seluruh jajaran perangkat daerah,  mulai dari Bupati, para Kepala Dinas, Camat sampai Kepala Desa.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Pacitan tentang BPJS Ketenagakerjaan, sosialisasi ini sejalan dengan komitmen BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja. Setidaknya masyarakat tahu ada 2 BPJS, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,”jelasnya, baru-baru ini.

Dia menuturkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP). Adapun, coverage kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari kepesertaan Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU).




Masyarakat pekerja sektor BPU seperti petani, pedagang, pelaku UKM dan pekerja mandiri lainnya bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.“Dengan mengikutsertakan pada program BPU ataupun PU, pengusaha yang usahanya sudah mapan dan mempekerjakan beberapa pekerja secara langsung akan terlindungi tepat setelah daftar dan membayar iuran,” ujarnya.

Menurut Indra, Pacitan telah ditetapkan sebagai “Kabupaten Sadar BPJS Ketenagakerjaan”, dimana diantaranya ditandai dengan kepesertaan seluruh perangkat desa di wilayah kabupaten ini. Akan tetapi, lanjut Indra, untuk masyarakatnya masih perlu mendapatkan sosialisasi.“Dengan dibantu aparat pemerintah desa kami akan terus berjuang memberikan sosialisasi demi memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat pekerja PU maupun BPU,”tutupnya.

Adapun, sosialisasi terus dilakukan KCP BPJS Ketenagakerjaan Pacitan di Desa Sedeng dan Arjowinangun, Kamis (10/8/2017) lalu. Sosialisasi juga dilakukan di pasar minulyo pagi ini untuk pedagang pasar pada Minggu (13/8/2017) kemarin.