Harga Tiket Bus dan Kendaraan Lebaran di Pacitan Melonjak Drastis

oleh -131.950 views

Pacitanku.com, PACITAN – Harga tiket bus lebaran dan kendaraan pengangkut penumpang lainnya di Pacitan mengalami kenaikan drastis pada momen mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriyah.

Pantauan Pacitanku.com di terminal Pacitan dan sejumlah agen travel, Sabtu (1/7/2017) menunjukkan bahwa kenaikan berada di kisaran 20 persen hingga yang paling parah 100 persen.

Di Terminal tipe A Pacitan, untuk harga tiket bus untuk jurusan Pacitan-Jakarta dan sekitarnya mengalami kenaikan hampir 100 persen.

Tiket bus kelas Patas AC yang pada hari biasanya berkisar Rp 150 ribu kini mencapai Rp 305 ribu per orang. Sementara untuk tiket bus kelas eksekutif yang biasanya Rp 225 ribu kini meningkat drastis mencapai Rp 470 ribu.

Harga tiket untuk satu jurusan dengan masing-masing armada cukup berbeda. Sebab, ada pula penumpang yang harus rela mengeluarkan biaya Rp 800 ribu untuk jurusan ke Sumatra.

Selain harga tiket bus yang naik, harga sejumlah travel di Pacitan juga mengalami kenaikan serupa.“Saya hendak mudik ke Solo, harganya sekarang per orang Rp 100 ribu, naik sekitar 30 ribu dari hari-hari biasanya,”kata Maspur (28) salah satu penumpang yang hendak balik ke Solo menggunakan layanan travel.




Berdasarkan pantauan, jumlah penumpang yang henak balik di terminal Pacitan terus mengalami kelonjakan yang signifikan. Hingga sabtu siang, jumlah penumang yang akan bertolak mencapai ribuan.

Selain di terminal Pacitan, pantauan arus balik juga terlihat di Pendopo Pacitan, dimana Pemkab Pacitan memberangkatkan mudik balik gratis yang diselenggarakan Pemkab Pacitan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan DLLAJ Provinsi Jawa Timur.

Hari Nur Cahyo dari Dinas Perhubungan Jatim menyampaikan bahwa  kegiatan mudik balik gratis ini adalah bantuan dari Gubernur Jatim.

“Sebelum agenda ini, mudik balik gratis, pada 23 dan 24 jumi kemarin juga dilaksanakan mudik gratis dari Surabaya Pacitan berjumlah total 22 armada Bus, adapun pelaksanaan mudik dan balik gratis mulai tahun ini dilaks secara online, kami berharap, mudah-mudahan mudik balik gratis ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan,”jelasnya.

Sebanyak 696 peserta program balik gratis di dalam 12 armada bus Aneka Jaya tersebut kemudian diberangkatkan oleh Wakil Bupati Yudi Sumbogo untuk selanjutnya menuju ke Kota Surabaya. (RAPP002)