Agenda Mudik ke Pacitan Terganggu Proyek Talud di Arjosari

oleh -697 views
Jalur di Borang Arjosari. (Foto: Jawa Pos Radar Madiun)
Jalur di Borang Arjosari. (Foto: Jawa Pos Radar Madiun)

Pacitanku.com, PACITAN – Perjalanan pengguna jalan bakal sedikit terganggu saat melintas di jalur Pacitan-Ponorogo. Tepatnya pada ruas jalan masuk Desa Borang, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Hal itu akibat proyek perbaikan talut di tepi jalan.

Para pemudik yang melintasi jalur tersebut diminta berhati-hati dan mematuhi rambu – rambu yang ada. Pasalnya, proyek perbaikan talut memakan satu sisi jalan  hingga sepanjang 100 meter.‘’Sebenarnya itu merupakan pekerjaan rutin, namun kebetulan bertepatan dengan digunakannya jalan Pacitan-Ponorogo sebagai jalur mudik,’’ ujar Kasi Pembangunan Jalan DPU Bina Marga Jatim UPT Pacitan, Budi Hari Santoso, dikutip Radar Madiun, Jumat (23/6/2017).

Sesuai perjanjian kontrak kerja, proyek perbaikan talut di Desa Borang direncanakan selama empat bulan. Hingga Rabu (21/6) kemarin, proyek baru berlangsung 1,5 bulan. Lantaran sisa durasi masih 2,5 bulan, masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Tidak heran jika sejumlah material proyek dan kendaraan berat terlihat di sekitar lokasi pekerjaan.




Karena itu, pelaksana proyek menutup satu jalur arah Ponorogo-Pacitan. Kondisi ini memaksa kendaraan besar harus rela  bergantian melintas. Dikhawatirkan, lokasi tersebut menjadi titik baru kepadatan kendaraan sealama momen mudik dan balik lebaran tahun ini.

Budi mengklaim bahwa proyek perbaikan talut itu tidak mengganggu arus mudik. Alasannya, material proyek dan peralatannya hanya menggunakan sebagian badan jalan. Berbeda dengan proyek pengerasan jalan yang memakan hampir semua badan jalan.

Namun Budi menyadari, volume kendaraan yang melintas bakal terus meningkat seiring semakin dekatnya momen lebaran. Karena itu, material dan peralatan yang memakan badan jalan akan coba dipinggirkan, agar tidak mengganggu proses mudik.‘’Kemungkinan akan berhenti sementara, dan dilanjutkan kembali minimal H+7 lebaran mendatang,’’ ujarnya.

Proyek perbaikan talut di jalan Pacitan-Ponorogo masuk Desa Borang itu merupakan bagian dari proyek pemeliharaan oleh DPU Bina Marga Jatim. Anggaran sebesar Rp 2 miliar digelontorkan untuk membiayai proyek di empat titik wilayah Kecamatan Arjosari.‘’Termasuk bagian dalam proyek pemeliharaan. Tujuannya memastikan jalur mudik dalam kondisi baik,’’ pungkasnya. (naz/rif/jprm)