Jalan Baru Gemaharjo Sudah Bisa Dilewati untuk Mudik Lebaran

oleh -101.332 views
Bupati Indartato meninjau lokasi pembangunan jalan di gemaharjo. (Foto: Humas)
Bupati Indartato meninjau lokasi pembangunan jalan di gemaharjo. (Foto: Humas)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan jalan baru di Dusun Dondong Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo sudah bisa dilewati mulai hari ini, Kamis (15/6/2017) atau H-10 Lebaran.

Kepala Sie Pembangunan jalan dan jembatan UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Pemprov Jatim, Budi Hari Santoso dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (14/6/2017) di Pacitan mengatakan bahwa saat ini relokasi jalan sejauh 400 meter berbentuk lingkar parabola (elips) itu sudah bisa dilalui semua kendaraan.

“Pembukaan jalur tersebut juga ditinjau langsung Bupati dan Wabup, semua kendaraan dari dan ke Pacitan sudah bisa melewati jalur tersebut. Bahkan saat ini jembatan darurat sudah kami tutup sementara,” katanya.




Dia mengatakan bahwa saat ini masih banyak item-item pekerjaan yang belum tuntas dilaksanakan pihak pelaksana proyek. “Seperti pembuatan saluran air, lapisan pondasi atas (LPA), serta talud pengaman tebing yang hingga detik ini masih dalam proses,”ujarnya lagi.

Dia berjanji penyelesaian pekerjaan yang belum tuntas tersebut akan dilanjutkan usai Lebaran. “Usai Lebaran nanti, item-item kegiatan yang belum tersentuh akan segera dilanjutkan,” katanya.

Panjang jalan baru di Desa Gemaharjo itu mencapai 400 meter dengan lebar 20 meter. Total anggaran yang digelontorkan DPU Bina Marga Jatim adalah Rp 6 miliar.

Menurut Budi, proses pengaspalan hingga finishing jalan baru tersebut akan dikerjakan di tahap berikutnya. Prioritasnya saat ini, membuka akses baru Pacitan-Ponorogo sejak tahap pertama.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, relokasi jalan tersebut memang baru sebatas pekerjaan LPA (lapisan pondasi atas), belum sampai pengaspalan badan jalan. Meski begitu, dia menegaskan arus lalu-lintas dari dan ke Pacitan dipastikan sudah kembali normal sebelum Lebaran. Dia mengungkapkan bahwa pengaspalan akan dilakukan tahun depan.

“Yang diprioritaskan adalah secepat mungkin akses dapat terbuka dan cukup untuk dilalui kendaraan besar. Pada tahap pertama, kendaraan sudah bisa lewat. Meski belum sampai diaspal,”pungkasnya. (RAPP002)