Polres Pacitan Giatkan Patroli Jelang Sahur

oleh -1.443
Polres Pacitan menggelar apel sebelum amankan kegiatan rontek gugah sahur. (Foto: Dikyasa Res Pacitan/FB)
Polres Pacitan menggelar apel sebelum amankan kegiatan rontek gugah sahur. (Foto: Dikyasa Res Pacitan/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Pacitan menggiatkan patroli menjelang sahur pada bulan Ramadhan 1438 Hijriah untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif. Salah satu yang menjadi fokus patroli Polres Pacitan adalah kegiatan rontek gugah sahur yang menjadi rutinitas warga Pacitan, terutama wilayah kecamatan kota.

“Seluruh anggota piket setiap hari selama bulan Ramadhan jam 02.00 wib dini hari untuk melakukan apel persiapan pengamanan rontek gugah sahur, laksanakan pengamanan dengan humanis dan jangan mudah tersulut emosi agar kegiatan tetap berjalan aman dan lancar. Pastikan penyekatan penyekatan agar masing masing kelompok tidak ketemu,” jelas Kepala Satuan Samapta Bhayangkara Polres Pacitan, Moch Syamsul, dikutip dari laman Polres Pacitan pada Kamis (8/6/2017).

Menurut Syamsul, dalam patroli tersebut, dirinya mengantisipasi terjadinya keributan antar kelompok ronteg gugah sahur seperti pengalaman tahun sebelumnya.

“Cara bertindak anggota di lapangan adalah dengan melakukan penyekatan dan penghalauan rombongan rontek agar tidak keluar dari wilayah atau lingkungannya. Hal tersebut guna menghindari agar beberapa rombongan ronteg yang berbeda tidak ketemu untuk bersaing atau saling ejek sehingga bisa timbul keributan,”tukasnya.




Dia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu giat dalam bulan Ramadhan, selain kegiatan preventif yang telah dilaksanakan seperti tarawih keliling dan juga patroli di kegiatan ngabuburit.

Selain pengawalan terhadap kegiatan rontek gugah sahur, Polres Pacitan juga meningkatkan patroli di tempat-tempat umum, salah satunya pasar. Seperti di Kecamatan Bandar, pada Rabu (7/6) kemarin, di Pasar Desa Bandar, anggota Polsek terus siaga menjaga aktivitas masyarakat di Pasar tersebut.

Selain melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur protokol, anggota juga melaksanakan pengamanan di beberapa obyek vital seperti perbankkan dan pertokoan emas.

Kapolsek Bandar AKP Djamin mengungkapkan pihaknya telah rutin melaksanakan pengamanan di pasar Bandar setiap hari pasaran pon ini. “Selain pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalur pasar, tim tindak dengan bersenpi anggota Polsek Bandar juga melaksanakan pengamanan di  dalam pasar dan toko emas guna mengantisipasi pencurian dengan kekerasan,” katanya.

Situasi kamtibmas sendiri hingga hari ini, Kamis (8/6/2017) di wilayah Kabupaten Pacitan berjalan aman dan kondusif.