Pemkab Pacitan Targetkan Bangun Kampung KB di Masing-masing Kecamatan

oleh -101.704 views
KAMPUNG KB. Kepala Badan KB dan PP menggelar sosialisasi Kampung KB di Tegalombo, Jumat (19/5/2017).
KAMPUNG KB. Kepala Badan KB dan PP menggelar sosialisasi Kampung KB di Tegalombo, Jumat (19/5/2017).

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menargetkan mampu membangun “Kampung Keluarga Berencana” pada 2017 di masing-masing kecamatan, sebagai upaya menekan angka pertumbuhan penduduk.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Perberdayaan Perempuan Kabupaten Pacitan, dr Trihariadi Hendra Purwakaka di Tegalombo, Jumat (19/5/2017) mengatakan bahwa pembangunan Kampung KB ini akan tersebar pada setiap kecamatan.

“Masing-masing Kecamatan membentuk 1 Kampung KB yang bertujuan melakukan berbagai langkah penguatan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang benar-benar memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target, serta penguatan kegiatan-kegiatan prioritas secara komprehensif dan berkelanjutan diseluruh tingkatan wilayah,”katanya saat menyampaikan paparan dalam  sosialisasi pembentukan Kampung KB di Dusun Gamping, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan bahwa kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif, baik ditingkat Lini Lapangan yang berada ditingkat  Dusun, Desa, dan Kecamatan dengan Program Pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan serta ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.




“Kampung Keluarga Berencana didesain sebagai  upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program Keluarga Berencana, kegiatannya pun berdasar prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat, peran pemerintah, lembaga non pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga,”jelasnya.

Dengan pembangunan Kampung KB ini, kata dia, masyarakat akan bisa mengetahui atau memahami tujuan dibentuknya lembaga sosial ini.

“Dengan ditetapkannya Kampung KB, masyarakat yang semula tidak ikut KB bisa menjadi peserta. Kami berharap masyarakat meningkatkan partisipasinya menjadi akseptor sebagai upaya untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dan menekan resiko kematian ibu dan bayi,” katanya.

Sementara, Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo mengapresiasi agenda sosialisasi Kampung KB ini. “Mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh warga Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo,”tandasnya.

Dalam agenda yang diikuti 110 peserta dari Desa Ngreco ini, Kepala Badan KB dan PP Kabupaten Pacitan  dr. TH Hendra Purwaka, Kepala Desa Tegalombo Jaswadi, Kepala UPT PPKB Kecamatan Tegalombo Siti Naimah, Sekretaris Kecamatan Tegalombo Ardyan Wahyudi, Pengurus Kampung KB se-Desa Ngreco, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Ngreco.

Kontributor/Foto: Sarwono
Editor: Dwi Purnawan