25 Ribu Warga Pacitan Menanti Pendistribusian Blangko E-KTP

oleh -102.088 views
Ilustrasi KTP. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Warga Pacitan yang sudah melakukan perekaman E-KTP atau KTP-El wajib lebih bersabar. Pencetakan 4,5 juta lembar blangko KTP-El dinyatakan rampung oleh Kemendagri. Kendati demikian, pendistribusian ke daerah masih belum dapat dipastikan kapan akan dimulai.

Padahal, ada 25 ribu warga Pacitan yang sejak Agustus tahun lalu menanti-nanti blangko KTP-El mereka. ‘’Informasinya memang sudah rampung. Tetapi, kami belum mendapat instruksi apapun soal pendistribusiannya,’’ ujar Kepala Disdukcapil, Muhammad Fathony, kemarin.

Koordinasi terakhir yang dilakukan Fathony dengan Dirjen Dukcapil, pendistribusian blangko yang sudah jadi diprioritaskan untuk warga DKI Jakarta terlebih dahulu. Setelah pendistribusian di ibukota selesai, Dirjen Dukcapil baru mulai mendistribusikan ke tiap provinsi.

Sesuai kesepakatan, Pacitan tidak harus mengambil blangko KTP-El yang telah dicetak itu ke pusat. ‘’Dari pusat, didistribusikan ke tiap pemprov. Baru nanti kabupaten/kota yang diminta mengambil disana. Tetapi sampai sekarang pemprov juga belum menginformasikan kapan pendistribusian itu,’’ katanya.

Sampai saat ini, sekitar 25 ribu warga Pacitan yang sudah melakukan perekaman KTP-El, hanya diberi surat keterangan (suket). Menurut Fathony, masa berlaku suket yang diterbitkan Disdukcapil akan diperpanjang sampai blangko KTP-El tiba di Pacitan.




Sementara 27 ribu warga Pacitan yang belum melakukan perekaman KTP-El, juga tetap akan dibuatkan suket. Namun, format suketnya berbeda. ‘’Yang terpenting bisa menjadi bukti dahulu, bahwa telah melakukan perekaman. Kalau blangko sudah turun, akan ditarik dan langsung diganti blangko kok,’’ terangnya.

Namun demikian, masyarakat wajib mengantre. Fathony mengisyaratkan penyaluran blangko KTP-El akan dilakukan sesuai urutan perekamannya. Artinya, yang melakukan perekaman di bulan Agustus yang akan didahulukan, kemudian urut hingga bulan-bulan berikutnya.

Sementara bagi warga yang belum melakukan perekaman, Fathony menyebut pihaknya akan jemput bola. Upaya itu dilakukan agar perekaman KTP-El bisa segera seratus persen. ‘’Saat ini sudah 94 persen, termasuk 25 ribu warga yang sudah merekam tetapi belum mendapat blangko. Kami upayakan agar segera rampung,’’ sebutnya.

Sumber: Radar Madiun