AKN Pacitan Mewisuda Puluhan Mahasiswanya

oleh -131.674 views
Wisuda AKN Pacitan
Wisuda AKN Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan akhirnya mewisuda 54 orang mahasiswanya pada Senin (27/3/2017) kemarin.

Dalam sambutannya dalam momen wisuda perdana D II AKN tersebut,  Bupati Pacitan Drs H Indartato menyampaikan bahwa orang Pacitan yang kuliah di AKN terbukti cerdas, karena lebih dari setengah wisudawan AKN lulus dengan predikat cumlaude.

Dia pun berharap para wisudawan dapat memberikan sumbangsih kepada daerah, utamanya kepada masyarakat.  “Saya bangga karena AKN telah mampu mewisuda mahasiswanya untuk yang pertama. Semoga dengan ilmu dan kecerdasan yang telah dimiliki mampu memberikan sumbangan untuk daerah dan masyarakat,” katanya.

Walaupun sudah menyelesaikan kuliah, kata Indartato, para wisudawan diminta untuk tetap menuntut ilmu. Tidak hanya melalui pendidikan formal. Tetapi juga belajar dari pengalaman dan lingkungan dimana mereka tinggal.

“AKN nantinya harus mampu berkembang sebagai salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Pacitan yang bermutu. Dengan menjaga eksistensinya secara independen, AKN harus berkembang dan tetap saling bersinergi dengan perguruan tinggi lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, wisuda perdana AKN ini diikuti sebanyak 54 orang mahasiswa. Mereka berasal dari tiga jurusan, yakni jurusan pemeliharaan komputer dan jaringan serta tata laksana produksi masing-masing sebanyak 19 orang.

Adapun sisanya berasal dari jurusan pemeliharaan kendaraan ringan. Dari jumlah total itu, 31 orang diantaranya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Bagi peraih IPK tertinggi tiap jurusan mendapat bantuan modal peralatan usaha.




Kampus yang beralamatkan di Jl. Letjend Soeprapto No 53 Pacitan memiliki 6 program yang dibuka dengan jenjang studi D1 dan D2, yakni Teknik Informatika (TI), Multimedia Broadcasting, Animasi, Kriya Kayu, Otomotif dan Pengolahan hasil laut.

Kampus yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, oktober tahun 2013 ini sebelumnya bernama Community College telah meluluskan 10 angkatan, sedangkan PDD telah meluluskan 2 angkatan.

AKN Indonesia merupakan akademi komunitas negeri pertama di Indonesia yang didirikan di Pacitan.Di akademi ini nantinya siswa siswi SMK dan SMA di Pacitan dapat menikmati pendidikan sekelas universitas di kampung halaman presiden SBY ini.

Pewarta: David Eka/Arif Sasono/Danang/Doc Info Pacitan

Editor: Dwi Purnawan