Dua Siswa dan Guru Jadi Delegasi Pacitan di Program Pelatihan YPA-MDR

oleh -131.354 views
Dua siswa yang mewakili Pacitan dalam yayasan pelatihan Astra. (Foto: Humas Pemkab)
Dua siswa yang mewakili Pacitan dalam yayasan pelatihan Astra. (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN—Kabupaten Pacitan mengirimkan dua orang siswi keterwakilan siswa yang rata rata dan dua guru mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR). Pelatihan berlangsung dua bulan di Jakarta.

Dua murid tersebut masing-masing Aprilia Indah Ayu Saputri asal SDN Widoro II dan Defina Hidayatul Ilmi, siswi Sendang III Kecamatan Donorojo. Sedangkan kedua guru yang ikut menyertai adalah Wiwin Widiawati dan Evi Nurmitayani.

Saat memberangkatkan rombongan, Kamis (2/3/2017) di Ruang Peta Pendopo Kabupaten Pacitan, Bupati Indartato mengatakan keberhasilan sektor pendidikan tak bisa dilepaskan dari peran guru dan murid.




Guru yang berdedikasi akan menghasilkan siswa berkualitas. Tentu saja siswa juga harus didorong lebih serius mengikuti pelajaran dengan baik.

“Keberhasilan pendidikan 80 persen ada di tangan guru. Oleh karena itu saya harapkan beliau yang berkesempatan mendapatkan pelatihan ini melaksanakannya dengan penuh tanggunjawab. Demikian pula anak-anak saya yang hari ini berangkat (pelatihan),”katanya, dikutip dari laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan kepada para peserta untuk serius mengikuti semua agenda. Harapannya ilmu yang mereka dapatkan nantinya dapat diterapkan di daerah asal. Lebih dari itu pengalaman yang diterima kelak bermanfaat bagi masyarakat. Bupati juga minta dukungan orang tua dan pihak sekolah agar program pelatihan yang berjalan sesuai rencana.

Selama mengikuti pelatihan di YPA-MDR, para siswa dan guru berprestasi akan mendapat pengajaran beragam disiplin ilmu. Mulai dari akademis, karakter, kecakapan hidup, hingga seni budaya.

Pacitan merupakan salah satu wilayah binaan YPA-MDR. Sebagai informasi, YPA-MDR yang berkedudukan di Jakarta sejak 5 tahun yang lalu telah membina dan membantu sekolah 5 SD, satu SMP dan 1 SMK di Kecamatan Donorojo. YPA-MDR memiliki program untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya adanya pelatihan di Jakarta tersebut. (RAPP002)