Polres Pacitan akan Disiplinkan Warga Berlalu Lintas, Termasuk Balap Liar

oleh -13695 views
Operasi Simpatik Pacitan. (Foto: Pemkab Pacitan)
Operasi Simpatik Pacitan. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Kabupaten Pacitan menyiagakan sebanyak 36 orang anggotanya untuk melaksanakan Operasi Simpatik Semeru 2017 yang dilaksanakan selama 21 hari sejak 1 sampai 21 Maret 2017. Polres Pacitan menggelar Operasi Simpatik Semeru 2017 guna memunculkan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri.

Kapolres Pacitan AKBP Suhandana Cakrawijaya usai memimpin apel gelar pasukan di Pacitan, Rabu (1/03/2017) di Mapolres Pacitan mengatakan operasi itu sendiri dilaksanakan dalam upaya menertibkan masyarakat dalam berlalu-lintas.“Tujuannya untuk mendisiplinkan warga berlalu lintas. Termasuk balap liar. Agar korban di jalan raya terus berkurang,” katanya,sebagaimana dikutip laman Pemkab Pacitan.

Dia menjelaskan, dalam operasi ini tindakan yang diutamakan adalah lebih ke teguran. Dirinya berharap dengan teguran itu masyarakat menjadi berubah dan lebih tertib dalam berkendaraan.

“Dengan diadakannya operasi Simpatik 2017 ini di wilayah Kabupaten Pacitan diharapkan bisa meningkatkan simpatik masyarakat terhadap Polantas guna mendukung kebijakan Promoter Kapolri  demi terciptanya kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Pacitan sesuai dengan tema Gelar pasukan Ops Simpatik hari ini,” paparnya.


Sementara, Bupati Indartato yang hadir pada kesempatan itu berharap masyarakat pengguna jalan untuk tertib dalam perilaku berlalu lintas, termasuk kelengkapan dan dokumen kendaraan.

Dikatakan Indartato, kondisi medan jalan di Pacitan didominasi tanjakan dan turunan tajam memang rawan memicu kecelakaan. Sehingga pengendara dituntut ekstra hati-hati.

“Jika terjadi kecelakaan, kerugiannya juga tidak sedikit. Baik untuk biaya untuk berobat maupun perbaikan kendaraan. Padahal jika dihindari, alokasi uang untuk berobat dapat digunakan hal lain. Seperti mencukupi kebutuhan keluarga, biaya pendidikan anak, dan lainnya,” katanya lagi.

Apel dan gelar pasukan serentak tersebut diikuti oleh beberapa pasukan gabungan yang berasal dari gabungan personel Polres Pacitan dan Polsek jajaran, 1 peleton personel Kodim 0801, gabungan provost dan PM, pasukan dari Dishub, Satpol PP, dan pasukan dari Senkom Pacitan.

Usai Apel, Kapolres Pacitan bersama Bupati Pacitan, Kejaksaan, Dishub, Kodim 0801, Satpol PP, Jasa Raharja dan PU ikut mengecek kondisi kendaraan dinas polisi yang siap mendukung jalannya operasi Simpatik 2017. (RAPP002)