Puting Beliung Porakporandakan Rumah dan Tumbangkan Puluhan Pohon di Pacitan

oleh -104.903 views
Garasi rumah roboh dan mobil tertimpa material rumah kayu milik Anton, RT/RW 04/II Dusun Kebon Kelurahan Ploso Pacitan. (Foto: BPBD Pacitan)
Garasi rumah roboh dan mobil tertimpa material rumah kayu milik Anton, RT/RW 04/II Dusun Kebon Kelurahan Ploso Pacitan. (Foto: BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bencana alam angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Pacitan pada Sabtu (28/1/2017) siang. Akibat bencana tersebut, setidaknya 21 kejadian kerusakan akibat puting beliung terjadi, terutama di Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Pacitan.

Pohon tumbang di jalan Dr. Soetomo Pacitan, pohon mengenai kabel listrik dan menghalangi jalan. (Foto: BPBD Pacitan)

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan menyebutkan bahwa hingga saat ini kecepatan angin tembus 30km/jam dari arah barat, sehingga angin kencang dan puting beliun masih terus berpotensi terjadi di Pacitan.




Sekretaris BPBDPacitan Ratna Budiono saat dihubungi Pacitanku.com via pesan singkat, Sabtu (28/1/2017) mengatakan bahwa penyebab angin puting beliung tersebut adalah dampak badai Siklonik di wilayah Australia.

Pohon tumbang di Pondok Pesantren Nahdhotussuban Arjowinangun Pacitan (Foto: BPBD Pacitan)

“Semua dampak tersebut sudah teratasi oleh masyarakat dan dibantu unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) di lapangan dan Tim reaksi Cepat (TRC) BPBD Pacitan, sampai saat ini tim lapangan juga belum pulang ke posko,”katanya.

Sebagai informasi, siklonik merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Kabel jaringan listrik putus akibat tertimpa pohon tumbang di Dusun sumber Desa karanganyar Kecamatan Kebonagung (Foto: BPBD Pacitan)

Data dari BPBD Pacitan, setidaknya ada 21 kejadian bencana akibat angin kencang di Pacitan, dengan rincian 16 kejadian di wilayah Kecamatan Pacitan dan 5 kejadian di Kecamatan Kebonagung.

Berikut data sementara kerusakan akibat angin kencang di Pacitan dan Kebonagung

Kejadian di wilayah Kecamatan Pacitan

  1. Pohon tumbang dengan lokasi RT/RW 1/VI Kelurahan Sidoharjo Pacitan
  2. Dua lapak jadi korban angin kencang di depan pasar sawo Pacitan
  3. Pohon tumbang di jalan Dr. Soetomo Pacitan, pohon mengenai kabel listrik dan menghalangi jalan
  4. Asbes atap rumah terbang akibat angin kencang milik Suyatno RT/RW 04/I Kelurahan Tambakrejo Pacitan
  5. Baligho depan kantor Perusahan Listrik Negara (PLN) Pacitan roboh
  6. Pohon tumbang mengganggu kabel Penerangan Jalan Umum (PJU) di barat perempatan Bapangan, Pacitan
  7. Pohon tumbang di depan Gereja Gerdon Pacitan
  8. Dua pohon tumbang di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Pacitan
  9. Pohon tumbang di Pondok Pesantren Nahdhotussuban Arjowinangun Pacitan
  10. Garasi rumah roboh dan mobil tertimpa material rumah kayu milik Anton, RT/RW 04/II Dusun Kebon Kelurahan Ploso Pacitan
  11. Satu unit gerobak warung Hik di Perumahan Nasional Barehan Ambruk akibat terpaan angin kencang
  12. Pohon tumbang terjadi di kelurahan Ploso
  13. Terjadi pohon tumbang dekat Bank Jatim yang menyebabkan kabel putus
  14. Pohon salam dan Sengon roboh menutupi jalan gang desa Kelurahan ploso Rt 05/ Rw 04 Krajan Lor, Pacitan dan menutupi jalan lingkungan
  15. Pohon tumbang menimpa kabel listrik di Desa Kembang Pacitan
  16. Pohon tumbang menimpa kabel lisrik, kabel listrik masuk area sawah di Lingkungan plelen depan kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan





Kejadian di wilayah Kecamatan Kebonagung

  1. Kabel jaringan listrik putus akibat tertimpa pohon tumbang di Dusun sumber Desa karanganyar Kecamatan Kebonagung
  2. Kabel jaringan listrik putus tertimpa pohon tumbang dan menyebabkan jalan penghubung Purwoasri karangnongko Kebonagung terputus
  3. Asbes atap rumah terbang akibat angin kencang Miswadi RT 02 RW 05 Dusun Jurugan Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung
  4. Pohon Tumbang menimpa rumah Gito, Dusun Krajan kebonagung, tidak memakan korban jiwa dan kerusakan pada rumah tidak terlalu parah
  5. Banyak kabel listrik putus di seputaran MI Gawang Kebonagung. (DPPP001)