420 Peserta Ikuti Seminar Nasional Pendidikan Astra di Pacitan

oleh -Dibaca 1.551 kali
Seminar Pendidikan Astra
420 peserta mengikuti Seminar Pendidikan dengan tema “Membudayakan Sikap Ilmiah Melalui Penelitian Dan Publikasi Pembelajaran Bermakna” yang diselenggarakan oleh YPA-MDR dan Dinas Pendidikan di Pendopo Kantor Bupati Pacitan
Seminar Pendidikan Astra
420 peserta mengikuti Seminar Pendidikan dengan tema “Membudayakan Sikap Ilmiah Melalui Penelitian Dan Publikasi Pembelajaran Bermakna” yang diselenggarakan oleh YPA-MDR dan Dinas Pendidikan di Pendopo Kantor Bupati Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN –PT Astra International Tbk melalui Yayasan pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan  menyelenggarakan Seminar Pendidikan dengan tema “Membudayakan Sikap Ilmiah Melalui Penelitian Dan Publikasi Pembelajaran Bermakna” Senin (21/11/2016) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Kami berharap seminar ini dapat menjadi sarana positif untuk meningkatkan kualitas guru terutama dalam kompetensi pedagogik. Perlu kita ketahui bahwa penyusunan PTK adalah salah satu alternatif praktis bagi pengembangan kompetensi guru dan seminar ini adalah wadah untuk mempublikasikan hasil-hasil PTK para guru sehingga secara tidak langsung kegiatan ini menjadi fasilitas bagi guru untuk menyeminarkan PTK yang telah dibuatnya,” kata Kristanto, Sekretaris Pengurus YPA-MDR.

Seminar Pendidikan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Pacitan Indartato dan dihadiri oleh 420 peserta yang diantaranya adalah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pacitan, UPT Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan Donorojo, Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMK di Kec. Donorojo dan sekitarnya.

Sebanyak 7 Guru SD dan 5 Guru SMP binaan YPA-MDR diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mereka dalam Seminar Pendidikan yang merupakan salah satu hasil pembinaan YPA-MDR untuk guru-guru Sekolah Binaan Astra di bidang akademis, yang telah dibina dan didampingi sejak tahun 2012 di Pacitan.


Tujuannya penyelenggaraannya antara lain untuk mendiseminasikan hasil-hasil PTK guru dan kepala sekolah binaan kepada guru dan kepala sekolah serta praktisi pendidikan di daerah-daerah sekitar binaan YPA-MDR, melatih kemampuan komunikasi baik verbal maupun tertulis guru-guru dan kepala sekolah binaan melalui presentasi dan tulisan atau karya ilmiah, dan mempromosikan guru-guru, kepala sekolah dan sekolah binaan sebagai agen-agen perubahan pendidikan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional.

Seminar Pendidikan dilanjutkan dengan penyampaian Keynote Speaker dari Kepala Dinas Pendidikan Pacitan Sakundoko dan Pimpinan E-System UKSW Ferdy S. Rondonuwu.

Sebagai informasi, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) secara khusus dibentuk oleh PT Astra International Tbk untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah prasejahtera.

YPA-MDR berperan aktif sebagai agent of change and agent of development dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dengan membantu pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah serta penyediaan sarana prasarana sekolah sesuai Standar Mutu Pendidikan Nasional.

YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui 4 pilar pembinaan sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul. Sejak 10 tahun berdiri, YPA-MDR sudah membina 61 sekolah negeri, 848 guru dan 13.287 siswa. 61 sekolah binaan tersebut terdiri dari: 48 SD, 9 SMP dan 4 SMK yang terletak di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Kutai Barat, Nusa Tenggara Timur dan Serang.

Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi pembinaan yang meliputi empat pilar yakni: Pembinaan Akademis, Pendidikan Karakter, Kecakapan Hidup dan Seni Budaya menuju kepada sekolah Swapraja.

Selain itu juga sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran, penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas. (RAPP002)