Pengelola PLTU Pacitan Komitmen Dukung Konservasi Penyu

oleh -1.290 views

Pacitanku.com, NGADIROJO – PT PJB Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintence (UBJOM) melepas ‎sekitar 800 tukik atau anak penyu di Pantai Taman Pacitan, Jawa Timur, Jumat (26/8/2016) kemarin. Yang dilakukan adalah bagian dari upaya pengelola PLTU Pacitan untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap pelestarian penyu di perairan Pacitan. 

“Selain itu, juga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dengan mengenalkan isu-isu konservasi melalui berbagai kegiatan positif di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 di Kabupaten Pacitan ini,” kata ‎Direktur Produksi 2 PT PJB Miftahul Jannah‎.

Kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan Kantor Lingkungan Hidup Pacitan, dihadiri Bupati Pacitan, seluruh jajaran SKPD dan Direksi PT PJB, juga masyarakat sekitar. 
‎‎
Disebutkan, penyu merupakan satwa  yang dilindungi karena keberadaannya terancam punah. Pelepasan tukik merupakan salah satu upaya untuk melestarikannya.  Dan, PT PJB berkomitmen untuk  mendukung upaya pelestarian lingkungan yang ada di sekitar unit pembangkitnya termasuk di UBJOM Pacitan.‎ “Pelepasan penyu ke laut hari ini diharapkan ‎pada dua puluh tahun ke depan ada beberapa yang kembali lagi ke pantai untuk bertelur dan memperindah jajaran pantai Pacitan dengan kelestariannya,”tandasnya.

Lanjut Miftah, upaya pelestarian lingkungan sejalan dengan visi misi PT PJB.  Diantaranya misi meningkatkan kinerja berkelanjutan melalui implementasi tata kelola pembangkitan dengan metode best practice yang ramah lingkungan.

Di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 UBJOM Pacitan berkomitmen mendukung kegiatan konservasi penyu yang ada di Pantai Taman Pacitan. 

General Manager UBJOM Pacitan Ardi Nugroho menyebut, beberapa program yang dilakukan di kawasan konservasi penyu yang berjarak sekitar 5 kilometer dari PLTU Pacitan. 

Dan, selama tahun 2016 dilakukan  kegiatan penanaman 500 bibit pohon ketapang, pembangunan jalan paving seluas 425 meter persegi untuk area konservasi penyu, pemasangan 10 set bak sampah untuk sampah organik, sampah anorganik, dan B3, serta bantuan pakan tukik. “Kegiatan melalui program corporate social responsibility di kawasan konservasi penyu Pantai Taman kami harapkan dapat berlanjut pada tahun-tahun mendatang,” katanya. (RAPP002)