Mantap, Masjid Baitusshomad Tegalombo Raih Runner Up Lomba Masjid Percontohan se-Jatim

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Masjid besar Baitusshomad Kecamatan Tegalombo mendapatkan penghargaan sebagai runner up atau peringkat kedua dalam lomba pengelolaan masjid percontohan se-Jawa Timur. Masjid yang dikenal dengan kopi jujur ini sukses menjadi terbaik kedua setelah unggul penilaian dibanding enam masjid lainnya. Sementara predikat peringkat pertama diperoleh oleh masjid besar Malang.

Kopi Jujur Masjid Baitusshomad. (Foto : Dok Pacitanku)Sementara peringkat ketiga diraih masjid besar Tuban, peringkat keempat diraih masjid besar Gresik, peringkat kelima masjid besar Kediri. Kemudian peringkat keenam dan ketujuh berturut-turut diperoleh masjid besar Sumenep dan masjid besar Jember. Penilaian tersebut sendiri digelar pada Jumat (29/7/2016) lalu yang bertempat di masjid Baitusshomad Tegalombo yang terletak di jalan utama Pacitan-Ponorogo.

Sebagaimana diberitakan Pacitanku.com, selama ini, masjid terbesar di Kecamatan Tegalombo ini telah menyuguhkan pesona tersendiri. Masjid yang terletak di Desa Krajan, Tegalombo ini memadukan masjid sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai rest area untuk para pengunjung.

Yang cukup unik, masjid yang diresmikan pada Februari 2009 lalu oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni ini membuat sebuah warung sederhana berbasis kepercayaan, yakni kopi jujur. Kopi jujur adalah warung tanpa penjual yang ditujukan kepada pengunjung untuk menikmati kopi dan berbagai makanan kecil.




Hal ini tentu cukup bagus, sebab selain bisa menikmati kehangatan kopi dan berbagai makanan kecil, para pengunjung juga sekaligus berlatih jujur kepada diri sendiri, karena usai meminum kopi yang diseduh sendiri, pengunjung memasukkan uang kopi ke kotak yang sudah disediakan.

Kompleks Kopi Jujur Masjid Baitusshomad Tegalombo. (Foto : @aliqfiya/Pacitanku)Sejak kopi jujur ini dibuat sekitar tahun 2014 lalu, banyak masyarakat yang singgah di kompleks masjid yang berada di jalur utama Pacitan – Ponorogo ini. Selain fasilitas utama berupa masjid megah, kopi jujur, beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di masjid ini adalah taman dengan bangku – bangku panjang, yang biasa digunakan untuk melepas lelah. Selain itu, kolam ikan dan taman yang bisa digunakan santai sejenak bersama keluarga usai perjalanan panjang.

Sejak awal didirikan, masjid yang berada tepat disamping sungai Grindulu ini memang menjadi masjid produktif. Selain kopi jujur dan rest area, beberapa program yang dijalankan pengelola masjid ini adalah rumah pintar Sentono Nugroho, pengelolaan remaja masjid Baitusshomad dan juga Madrasah Diniyah Awwaliyah Baitul Ilmi.

Fotografer: Sulthan Salahuddin El-Munir