Oleh-oleh Tahu Tuna Masih Jadi Incaran Pemudik Lebaran di Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Saat menghabiskan waktu liburan Lebaran di Pacitan tak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Ada beberapa macam pilihan makanan khas yang bisa dicicipi setibanya dirumah.

Salah satunya adalah tahu tuna. Ikon oleh-oleh Kota 101 Gua itu sudah dikenal kekhasan cita rasanya. Tidak heran jika, tahu tuna merupakan item wajib masuk keranjang saat belanja buah tangan. ‘’Selama Ramadan dan Lebaran permintaan tahu tuna di gerai kami naik drastis,’’ kata Aryo Wahyu manajer pusat oleh-oleh Putra Samudera, kemarin (7/7).

Wahyu menuturkan peningkatan penjualan oleh-oleh khas Pacitan seperti tahun tuna ini akan mencapai lebih dari 100 persen. Dari hari bisa sebanyak 6 ribu pack kini menjadi 12 ribu pack tahu tuna. Meskipun permintaan naik, harga tahu tuna tetap dibanderol normal yakni Rp 7 ribu per pack.

Sementara produk olahan ikan lainnya seperti otak-otak dan bakso harganya Rp 6 ribu tiap bungkus. ‘’Kemasan produknya juga lebih segar karena disimpan dalam freeze,’’ ungkapnya.




Sementara untuk pembeli, Wahyu mengatakan, paling banyak konsumen berasal dari luar daerah. Antara lain dari Jakarta dan Solo. Mereka biasanya membeli oleh-oleh makanan khas setelah berwisata di Pantai Teleng Ria atau ketika hendak pergi ke objek wisata Pantai Klayar dan Gua Gong. ‘’Tahu tuna selama ini menjadi oleh-oleh khas asal Pacitan yang paling banyak diminati warga dari luar daerah,’’ terangnya.

Sementara itu, Nitasalah satu pembeli asal Madiun menyatakan alasannya memilih tahu tuna sebagai oleh-oleh karena merupakan produk asal Pacitan.

Selain itu, di daerah lain jarang terdapat makanan olahan dari ikan laut. Sehingga dia merasa perlu membeli oleh-oleh tahu tuna untuk dibagi-bagikan kepada keluarganya. ‘’Kebetulan ada teman yang nitip. Jadi sekalian beli banyak tadi,’’ ujarnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun

 

Oleh-oleh tahu tuna Tahu Tuna Tahu Tuna Pacitan

Posting Terkait