Arus Balik, Waspadai Potensi Hujan Lebat-Gelombang Tinggi di Selatan Jawa

oleh
Pasir ombak dan karang Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)
Pasir ombak dan karang Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah selatan Pulau Jawa mewaspadai adanya potensi hujan lebat dab gelombang tinggi selama beberapa hari mendatang.

“Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai kilat/petir khususnya di Selatan Jawa hingga NTT,” kata Kabag Humas BMKG Hary T Djatmiko di Jakarta, Sabtu.

Hary Djatmiko menjelaskan, potensi hujan lebat tersebut terjadi pada 10-14 Juli 2016 di Jawa Barat, Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua bagian Selatan.

“Waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, jalan licin dan pohon tumbang. Khususnya pada periode arus balik lebaran tahun ini agar pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan,” katanya.


Sementara ketinggian gelombang antara dua-empat meter diperkirakan terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumba. Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

Libur lebaran biasanya kawasan wisata termasuk daerah pantai ramai dikunjungi warga.  “Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari,” tambah Hary. (Antara)