Indartato Resmi Dilantik Jadi Bupati Pacitan, Gubernur Minta Tingkatkan Guyub Rukun

oleh -132.304 views
Indigo dilantik jadi Bupati Pacitan. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Indigo dilantik jadi Bupati Pacitan. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)

Pacitanku.com, SURABAYA – Setelah selama 42 hari dipimpin oleh penanggungjawab bupati, mulai hari ini, Senin (4/4/2016) masyarakat Pacitan secara resmi memiliki kepala daerah definitif selama lima tahun kedepan.

Hal itu dipastikan setelah Gubernur Jawa Timur Soekarwo atas nama Menteri Dalam Negeri melantik Drs Indartato, MM dan Drs Yudi Sumbogo sebagai bupati dan wakil bupati Pacitan periode 2016-2021.

Pelantikan pasangan yang memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015 itu digelar di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya.

“Kami berharap agar bupati dan wakil bupati terpilih tetap merakyat, kemudian suasana guyub rukun ditingkatkan dan terus menjalin komunikasi yang intens dalam menjalankan roda pemerintahan, baik bersama forum pimpinan daerah maupun legislatif,” ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Pakde Karwo mengungkapkan bahwa salah satu kunci sukses pemerintahan lima tahun kedepan adalah menciptakan suasana kondusif dalam pemerintahan. Meski diakui Indartato sudah berpengalaman dalam memimpin Pacitan, Pakde Karwo tetap berpesan agar terus menciptakan suasana guyub rukun dan terus memperhatikan kebutuhan rakyat kecil.


“APBD harus benar-benar untuk kepentingan rakyat, selain itu saya berharap agar penggunaan anggaran tersebut harus selektif,” jelasnya.

Pelantikan ini sendiri mundur dari jadwal yang tercantum dalam surat edaran (SE) Mendagri. Bahkan, Surat Keputusan (SK) tentang pelantikan bupati dan wabup terpilih sudah turun sepekan lalu.

Usai dilantik, pasangan yang diusung Partai Demokrat itu memiliki sejumlah pekerjaan rumah menanti, salah satunya angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Pacitan. Data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pacitan angka kemiskinan di Pacitan masih berada di angka 17 persen alias masih sangat tinggi.

Selain itu, bahwa prioritas utama bupati terpilih Pacitan pasca pelantikan adalah penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Produk hukum yang merupakan pengejawantahan misi misi bupati dan wakil bupati akan menjadi panduan roda pemerintahan hingga akhir masa bhakti keduanya.

Sebagaimana diketahui, pasangan Indartato-Yudhi Sumbogo memenangkan pilkada serentak, 9 Desember lalu. Indartato merupakan petahana, sedangkan Yudi Sumbogo sebelumnya menjabat anggota DPRD. Kedua tokoh yang sama-sama berasal dari Partai Demokrat akan memimpin Kabupaten Pacitan periode 2016-2021.

Sementara, selama masa sebelum pelantikan, kursi pimpinan daerah Pacitan sementara dipegang oleh penanggungjawab bupati Ir Priyo Dharmawan, M.Sc  yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala penelitian dan pengembangan Provinsi Jatim. (RAPP002)