Gubernur Minta Indartato Bangkitkan Lagi Akik Pacitan

oleh -13682 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta kepala daerah terpilih, Drs H Indartato, MM dan Drs Yudi Sumbogo untuk meningkatkan dan terus mempertahankan kualitas produksi akik Pacitan. Hal ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pacitan.

“Akik Pacitan itu sudah terkenal sebelum demam akik melanda. Kualitas batu mulai asal pacitan sudah menasional bahkan mendunia. Saya pesan pada Pak Bupati bisa menjaga dan meningkatkan pemanfaatannya,” ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini, saat memberikan sambutannya  usai melantik Bupati/Wakil Bupati Pacitan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (4/4/2016).

Dikatakan Pakde Karwo, Pacitan merupakan satu dari 11 daerah di Jawa Timur yang memproduksi dan menghasilkan batu mulia maupun perhiasan terbaik di Indonesia. “Tapi Pacitan ini yang utama karena keindahan batu jenis kalsedon. Batu di Pacitan beda warna beda harga. Saya kira ini tugas Pak Bupati untuk meningkatkan potensinya,” tandasnya.

Pakde Karwo juga berharap pembenahan insfrastruktur diilakukan di kawasan Pacitan. Beberapa jalan juga harus diperlebar sehingga mempermudah akses menuju Pacitan. Pembangunan waduk Tukul dilakukan diminta juga bisa dikawal sehingga potensi air yang melimpah di Pacitan bisa dimanfaatkan dengan baik.


Sebagaimana diketahui, pasangan Indartato-Yudi Sumbogo memenangkan pilkada serentak, 9 Desember lalu. Indartato merupakan petahana, sedangkan Yudi Sumbogo sebelumnya menjabat anggota DPRD. Kedua tokoh yang sama-sama berasal dari Partai Demokrat akan memimpin Kabupaten Pacitan periode 2016-2021.

Sementara, selama masa sebelum pelantikan, kursi pimpinan daerah Pacitan sementara dipegang oleh penanggungjawab bupati Ir Priyo Dharmawan, M.Sc  yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala penelitian dan pengembangan Provinsi Jatim. (RAPP002)

Foto: Gubernur Soekarwo saat melantik Bupati Indartato-Yudi Sumbogo. (Foto: Antara)