Sekda Pacitan Minta Masyarakat Waspada Berita Hoax Penerimaan CPNS

oleh -13664 views
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)
Ilustrasi Tes CPNS (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyak beredarnya informasi menyesatkan seputar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) membuat masyarakat resah. Di Pacitan, berita menyesatkan seputar rekrutmen CPNS tersebut bahkan sudah menyebar melalui media massa.

Menanggapi hal ini, sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Suko Wiyono , langsung berkirim surat kesemua unit satuan kerja. Dalam surat bernomor 800/304/408.47/2016, tertanggal 18 Maret 2016 itu, ditegaskan bahwa pemasangan iklan dengan motif lowongan kerja berjudul

“Penyelenggaraan Seleksi Kepegawaian Untuk Provinsi Jawa Timur 2016, merupakan bentuk penipuan dan penyesatan masyarakat, karena tidak ada logo resmi dari pemerintah yang terkait hal itu. Serta nomenklatur organisasi juga tidak benar,” kata Suko dalam suratnya yang ditujukan kepada kepala SKPD se-Kabupaten Pacitan.

Menurut Suko, hingga detik ini Pemerintah Provinsi Jatim, belum menerima petunjuk dari KemenPAN dan RB ‎soal penerimaan CPNS 2016 dengan alasan moratorium. “Informasi tersebut diharapkan disebarluaskan kepada masyarakat agar tidak tertipu iklan lowongan kerja calon PNS itu,” ujarnya.


Terpisah, Sekretaris BKD Pacitan Supanji menyebut bahwa walaupun ada kabar terkait lowongan kerja CPNS, baik melalui pesan singkat atau pengumuman lain, itu hanyalah penipuan.

“Kalaupun ada SMS, itu SMS menyesatkan‎ dan jangan dipercaya, kalau soal formasi CPNS, memang lagi diusulkan ke pemerintah pusat dengan mengacu analisa jabatan (anjab) serta analisa beban kerja (ABK),” tuturnya.

Saat ditanya ada atau tidaknya rencana rekrutmen CPNS di Pacitan, ‎Panji menegaskan, masih dalam proses pengkajian. Termasuk bidan ataupun dokter PTT dan tenaga Honda K2 yang akan diangkat CPNS, juga masih dalam proses. “Kita tetap mengusulkan formasi. Namun masih dalam proses pengkajian,” tukasnya.

Sebagai informasi, pengumuman akan dibukanya pendaftaran calon aparatur sipil negara (ASN) tersebut secara terang-terangan diumumkan melalui publikasi media massa. Adapun isi pengumuman tersebut diantaranya menyebutkan adanya dinas/bagian untuk Provinsi Jawa-Timur yang dibutuhkan, kualifikasi pendidikan, serta formasi yang dibutuhkan.

‎Termasuk syarat dan ketentuan, lokasi serta waktu pelaksanaan tes. Selain itu, didalam pengumuman yang dimuat oleh koran milik mantan pejabat teras tersebut, juga mencantumkan alamat pengiriman lamaran. Yaitu Dinas Penyelenggara Ujian, PO BOX 1569 SB 60015.

Sontak saja, beredarnya pengumuman tersebut membuat masyarakat, khususnya para pencari kerja berbondong-bondong hendak berebut kursi empuk PNS. Malah, tak jarang dari mereka yang juga mendapatkan pesan singkat (SMS) berisikan pengumuman formasi dan penataan.

Saat ini, tidak sedikit berita mengenai penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2016 menyebar di masyarakat melalui pesan siaran berantai (broadcast) maupun sosial media.

Anehnya ketika dikonfirmasi pada website resmi instansi terkait berita ini tidak ditemukan. Bahkan beberapa situs yang sempat mengumumkan akhirnya mengklarifikasi ketidakakuratan berita-berita tersebut.

Pihaknya menjelaskan bahwa Penerimaan CPNS 2016 secara resmi belum ada yang diumumkan. Saat ini, instansi pemerintah dengan ikatan dinas seperti  STAN, IPDN, STIS, BMKG, LAPAS, memang sudah buka pendaftaran, diluar instansi tersebut, belum ada pengumuman resmi. (yun/net/RAPP002)