Desa Ngadirojo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi

oleh -131.258 views

Pacitanku.com, NGADIROJO – Pencapaian prestasi tingkat Provinsi kembali ditorehkan Pacitan. Hal itu dipastikan setelah Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo masuk tiga besar Tingkat Provinsi Jawa Timur, dalam lomba pelaksana gotong-royong. Selain Desa Ngadirojo yang mewakili Pacitan, dua daerah lain berasal dari Kabupaten Probolinggo dan Trenggalek.

Dengan prestasi itu, Desa Ngadirojo berpeluang mengulang sukses empat tahun beruntun untuk meraih  prestasi dikancah regional maupun nasional.

Sejak tahun 2012 hingg 2015 Pacitan ini selalu meraih predikat terbaik. Dua kali tingkat regional serta dua kali tingkat nasional. “Pacitan tidak pernah absen dan selalu mengukir prestasi baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” kata Suriaman, ketua tim penilai Jawa Timur, Kamis kemarin, di Ngadirojo, Pacitan, dilansir laman SKPD Pacitan.

Menurut Suriaman, apa yang ada di desa Ngadirojo merupakan ujud nyata dari kehidupan sosial masyarakat sehari hari. Lomba hanyalah bagian dari upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat.


Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Pacitan Priyo Dharmawan mengatakan, terpilihnya Desa Ngadirojo untuk mewakili Pacitan dalam lomba pelaksana terbaik gotong-royong karena Desa Ngadirojo memiliki banyak keunggulan. Selain, kehidupan masyarakatnya yang sangat menjunjung tinggi nilai gotong royong.  “Saya yakin ini merupakan budaya masyarakat Pacitan yang masih memegang erat budaya adi luhung,” Ungkapnya.

Desa Ngadirojo masuk nominasi tiga besar yang akan diverifikasi faktual dalam penilaian pelaksana terbaik gotong-royong tingkat Provinsi. Jika lolos, maka Desa Ngadirojo akan mengikuti jejak prestasi pendahulunya.

Sebagai informasi, pada tahun 2012 Kabupaten Pacitan juara tingkat provinsi yang diwakili Desa Grunggung Kecamatan Arjosari. Berlanjut di tahun 2013 diwakili Desa Sedayu Kecamatan Arjosari. Tahun 2014-2015 maju tingkat nasional dan meraih juara yang diwakili oleh desa Jeruk Kecamatan Bandar dan terakhir Desa Purworejo Kecamatan Pacitan.(Riz/RAPP002)

Foto: Wildan Nur Swi Harmoko