Meski Sebentar, Priyo Diminta Bersungguh-Sungguh Pimpin Pacitan

oleh -10808 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Pasangan Bupati Pacitan terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 9 Desember 2015, Indartato-Yudi Sumbogo, akan dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada Maret 2016.

“Jadwalnya Maret, tapi tanggalnya belum bisa dipastikan karena menunggu surat resmi dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Selasa kemarin.

Sama seperti 17 kepala daerah yang sudah dilantik pada 17 Februari lalu, lokasi pelantikan digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. Sesuai amanat undang-undang yang mengatur pemilihan kepala daerah, bupati/wali kota dilantik oleh gubernur setempat di Ibu Kota Provinsi, sedangkan gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara.

Peraturan yang mengaturnya sesuai Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.


Pasangan Bupati Pacitan belum dilantik karena masa periodesasinya baru berakhir 21 Februari 2016 sehingga tidak bisa diikutkan bersamaan dengan pelantikan serentak lalu.

Karena tidak boleh ada kekosongan kepemimpinan maka Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itupun mengangkat seorang Penjabat Bupati, yaitu Priyo Dharmawan, untuk mengendalikan pemerintahan sementara. “Jangan sampai ada kekosongan kepala daerah. Meski sebentar, tapi saya minta Pak Priyo bersungguh-sungguh mengemban tugas ini demi kemajuan dan pembangunan Pacitan,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, Bupati Pacitan terpilih Indartato mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah lima tahun bersamanya dan kembali memercayakan dirinya memimpin selama lima tahun ke depan.

Meski belum dilantik, namun politisi Partai Demokrat tersebut mengaku siap mendampingi dan berkomunikasi intensif dengan Priyo Dharmawan yang ditunjuk Gubernur sebagai Penjabat Bupati di sana. “Saya ingin mengevaluasi diri sendiri selama lima tahun kemarin. Kepada Pak Priyo, saya sudah meminta rekan-rekan di pemerintahan total membantunya sesuai rambur-ambu yang ada dan jangan sampai ada permasalahan,” katanya.

Priyo sendiri mulai hari ini, Rabu (24/2/2016) mulai berkantor di Pendopo Kabupaten Pacitan. Hari pertama kerja sebagai pejabat Bupati, dimanfaatkan mantan kepala Badan Litbang Jatim ini untuk beramah tamah dengan jajaran pegawai dan staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pacitan. (RAPP002/Ant)

Foto: Priyo bersilaturahmi dengan para pejabat dan pegawai Pemkab Pacitan, Rabu (24/2/2016). (Foto: Arif Sasono)