Ini Pria yang akan Pimpin Pacitan Selama Sebulan Kedepan

oleh -131.214 views
Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)
Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah memastikan pelantikan bupati dan wakil bupati Pacitan terpilih, Drs H Indartato, MM dan Drs Yudi Sumbogo pada bulan Maret mendatang, Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo akan melantik pejabat sementara Bupati Pacitan selama kurun waktu satu bulan kedepan.

Seperti diketahui, pasangan Bupati Indartato-Soedjono akan mengakhiri masa jabatannya atau dikenal dengan akhir masa jabatan (AMJ) pada Minggu (21/2/2016) besok. Lalu siapa pria yang akan menjadi bupati Pacitan sementara tersebut?

Informasi yang dihimpun, Soekarwo sudah menunjuk pejabat setingkat eselon IIA sebagai Pejabat (Pj) Bupati Pacitan. Pakde panggilan akrab Soekarwo memilih Dr. Ir. Priyo Darmawan, M.Sc, pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Jatim. ‘’Ini bocoran loh ya. Kalau tidak ada perubahan Pj bupati nanti akan dijabat Pak Priyo,’’ kata Suko Wiyono Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan kepada wartawan, Jumat (19/2/2016) kemarin.


Rencananya, Priyo akan dilantik di gedung Grahadi Surabaya pada Senin (22/2/2016) mendatang sekitar pukul 19.00 WIB. Suko mengaku belum tahu pasti sampai kapan Priyo Darmawan akan menjabat Pj Bupati Pacitan. Pasalnya, hingga sekarang belum ada kepastian tetap terkait jadwal pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pelaksanaan Pilkada Pacitan 2015 lalu.

‘’Saya tidak bisa mengatakan. Karena setelah pelantikan bupati serentak tanggal 17 Februari lalu, kapan lagi ada pelantikan kami belum tahu,’’ imbuhnya.

Setelah dilantik, dia berharap Priyo segera menyesuaikan diri dengan tugasnya menjalankan roda pemerintahan Pemkab Pacitan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa terus berjalan. Salah satunya terkait kebijakan yang dianggap penting. ‘’Otomatis setelah dilantik menjadi Pj bupati secara administrasi harus segera bertugas,’’ tutur mantan Inspektur Inspektorat tersebut.

Priyo Darmawan Kepala Balitbang Provinsi. (Foto: Berita Metro)
Priyo Darmawan Kepala Balitbang Provinsi. (Foto: Berita Metro)

Priyo Darmawan sendiri adalah pejabat setingkat eselon IIA yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Jatim. Priyo yang merupakan alumnus Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menjabat Balitbang Provinsi sejak tahun 2011 hingga saat ini, sebelum pada Senin nanti akan menjadi Pjs Bupati Pacitan.

Pria kelahiran 15 Februari 1957 ini sebelum menjadi Kepala Balitbang pernah menjabat sebagai Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 1 Madiun.

Sumber: Radar Madiun