Makna Hari Jadi Pacitan Menurut Indartato

oleh -131.038 views

Pacitanku.com, PACITAN—Agenda puncak hari jadi Pacitan ke 271 yang berlangsung hari Jumat (19/2/2016) kemarin berlangsung semarak. Meski sederhana, namun proses kirab hajatan tersebut juga berlangsung khidmat.

Bupati Pacitan, H. Indartato berharap dengan Hari Jadi Pacitan ke-271 dapat dijadikan ‎semangat untuk bangkit dan membangun Pacitan lebih maju dan sejahtera.  “Seiring peringatan Hari Jadi Pacitan, semoga akan menjadi semangat untuk memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat, ” jelasnya, Jumat (19/2/2016) kemarin.

Indartato pun berharap, melalui berbagai simbolisasi dalam agenda kirab hari jadi Pacitan ke 271 tersebut, mampu dimaknai sebagai upaya kesejahteraan masyarakat. Dalam simbol buah pace misalnya, menjadi penanda berdirinya Kabupaten Pacitan.


“Sementara, jajanan ketan mengandung makna sebagai pengikat, terutama pengikat antara masyarakat dengan pemerintah supaya tetap menjadi satu. Untuk bersama-sama membangunan Pacitan supaya ke depan lebih baik lagi,’’ tandasnya.

Rangkaian rangkaian peringatan hari jadi kali ini lebih semarak dengan mengunggulkan kearifan lokal.

Berbagai tradisi dan tarian khas Pacitan ikut memeriahkan Hajatan ke 271 kali ini, sebut saja seperti Tari Gebyar Pesona, Tari Garuda Nusantara dan penampilan Didi Kempot dengan membawakan dua tembang kebanggaannya, “Jambu Alas” dan Pantai Klayar”.

Tidak hanya itu, berbagai jenis makanan juga jajanan pasar khas Pacitan disajikan dalam acara ini seperti, Rujak Pace khas Pacitan dan Nasi Tumpeng. (RAPP002)