17 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Pekan Depan

oleh -10958 views
Gubernur Soekarwo saat launching Jalin Matra beberapa waktu lalu. (Foto: Surya)
Gubernur Soekarwo saat launching Jalin Matra beberapa waktu lalu. (Foto: Surya)

Pacitanku.com, SURABAYA – Setelah melalui berbagai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Gubernur Jawa Timur Soekarwo akan segera melantik kepala daerah terpilih di Gedung Grahadi Surabaya, 17 Februari 2016. Dari 19 daerah di Jawa Timur yang ikut menggelar Pilkada serentak 2015, 17 kepala daerah terpilih yang dilantik, sementara sisanya masih menunggu.

Menurut Soekarwo, acara pelantikan digelar dua gelombang, yaitu pagi hari dan siang. “Pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, sembilan kepala daerah yang kita lantik. Delapan kepala daerah lainnya, pada gelombang dua, pukul 12.30 WIB sampai 15.00 WIB,” terang Soekarwo, baru-baru ini di Surabaya.

Menurut Pakde Karwo, 17 kepala daerah yang bakal dilantik pada 17 Februari itu antara lain; Kota Surabaya (Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana), Kabupaten Ngawi (Budi Setiyono-Ony Anwar), Kota Blitar (Samanhudi Anwar-Santoso), Kabupaten Blitar (Rijanto-Marhaenis UW), Kabupaten Lamongan (Fadeli-Kartika Hidayat), Kabupaten Kediri (Haryanti-Masykuri), Kabupaten Trenggalek (Emil Dardak-Arifin).


Kemudian Kabupaten Mojokerto (Mustofa Kemal Pasa-Pungkasiadi), Kota Pasuruan (Setiyono-Raharto Teno), Kabupaten Banyuwangi (Abdulah Azwar Anas-Yusuf Widiatmoko), dan Kabupaten Sidoarjo (Syaiful Illah-Nur Ahmad Syaifuddin).

Selanjutnya, enam daerah yang sempat terjadi sengketa Pilkada, yaitu Kabupaten Sumenep, Gresik, Ponorogo, Jember, Situbondo dan Malang, juga akan dilantik Gubernur Jawa Timur pada 17 Febuari mendatang di Surabaya.

Adapaun, kepala daerah di enam daerah itu antara lain; A Busyro Karim-A Fauzi (Kabupaten Sumenep), Sambari Halim-M Khosim (Kabupaten Gresik), Ipong Muchlisson-Soedjarno (Kabupaten Ponorogo), Faida-Abd Muqit Arief (Kabupaten Jember), Dadang Wigiarto-Yoyok Mulyadi (Kabupaten Situbondo) daan Rendra Krisna-Sanusi (Kabupaten Malang).

Gubernur akrab disapa Pakde Karwo ini juga menjelaskan, pada proses pelantikan 17 kepala daerah nanti, pada satu gelombang akan dilakukan pengambilan sumpah dari masing-masing kepala daerah terpilih. “Kemudian sambutan dan diakhiri ucapan selamat khusus dari para undangan,” ucapnya.

Acara pelantikan nanti, juga akan dihadiri perwakilan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, serta pimpinan Forpinda Jawa Timur.

“Untuk dua daerah, yaitu Kabupaten Pacitan dan Tuban, masih belum dilantik pada 17 Febuari nanti. Sebab, periodesasi kepala daerah Pacitan masih 21 Februari. Sedang Kabupatenupaten Tuban, berakhir pada 20 Juni 2016. Sehingga masih menunggu pelantikannya,” katanya.

Kepala daerah Kabupaten Pacitan terpilih adalah, Indartato-Yudi Sumbogo. Sedangkan Pilkada Tuban 2015, dimenangkan pasangan Fathul Huda-Noor Nahar Hussein. (RAPP002)