Semaraknya Liburan Tahun Baru di Obyek Wisata di Pacitan

oleh -859 views

Pacitanku.com, PACITAN – Momentum libur panjang semester dan tahun baru 2016 dimanfaatkan para wisatawan untuk menikmati panorama berbagai obyek wisata di Pacitan. Pantauan Pacitanku.com, Jumat (1/1/2016) kemarin, ribuan pengunjung dari berbagai daerah, memenuhi sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Pacitan.

Beberapa obyek wisata yang menjadi target kunjungan obyek kunjungan wisatawan di Pacitan antara lain Pantai Teleng Ria, Pantai Pancer dan Pemandian Air Hangat Tirta Husada di bagian Pacitan tengah.

Wisatawan memadati obyek wisata Pantai Pidakan. (Foto: Galih Wahyu Aji)
Wisatawan memadati obyek wisata Pantai Pidakan. (Foto: Galih Wahyu Aji)

Kemudian Pantai Srau, Pantai Klayar, Pantai Watukarung, Pantai Banyutibo, Pantai Buyutan, Goa Gong dan Goa Tabuhan di Pacitan bagian barat. Selanjutnya adalah Pantai Pidakan, Pantai Soge dan Pantai Taman di Pacitan bagian timur.

Sejak Kamis hingga Sabtu (2/1/2016) ribuan pengunjung memadati obyek wisata tersebut. Karena padatnya pengunjung, sejumlah jalan menuju ke obyek wisata sempat mengalami kemacetan. Di Pacitan kota misalnya, antrian kendaraan nampak memadati ruas jalan Basuki Rahmat, di depan pembangunan hingga lampu merah di seputaran Penceng pada sabtu pagi.


Wisatawan memadati Pemandian Air Hangat Tirta Husada (Foto: Yunie Wahyu)
Wisatawan memadati Pemandian Air Hangat Tirta Husada (Foto: Yunie Wahyu)

Sementara di jalur utama Goa Gong menuju ke Pantai Klayar, tepatnya di Dusun Kaliaren, Desa Sendang, antrian kendaraan para wisatawan juga nampak memadati jalur utama tersebut. 

Di beberapa obyek wisata unggulan, nampak para pengunjung memadati kawasan obyek wisata, seperti Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar dan Pemandian Tirta Husada. Mereka memanfaatkan hari terakhir liburan tahun baru sekaligus libur semester untuk mengunjungi obyek wisata di Pacitan.

“Saya bersama adik keponakan dan sepupu, serta  famili sejak hari Rabu lalu berkunjung ke Pacitan, kebetulan kami punya famili disini, sekaligus liburan dan merayakan tahun baru ke beberapa obyek wisata di Pacitan, salah satunya adalah Pantai Teleng Ria,” ujar Rahayu Puji Irianti, salah satu wisatawan asal Desa Nusajati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kepada Pacitanku.com.

Gelar Berbagai Acara

Acara Musik Jazz di Teleng Ria. (Foto: Parai Teleng Ria)
Acara Musik Jazz di Teleng Ria. (Foto: Parai Teleng Ria)

Di berbagai obyek wisata tersebut, pengelola setempat menggelar acara guna menarik minat para wisatawan. Di pantai Teleng Ria misalnya, untuk menyemerakkan libur tahun baru, pantai yang terus bersolek dengan fasilitas terbaiknya itu menggelar beberapa acara dalam rangka libur tahun baru, seperti Jazz on the beach party yang digelar pada Kamis (31/12/2015) malam WIB.


Bertempat di kompleks Kampung Nelayan, Jazz on the beach party digelar khusus untuk menyambut tahun baru 2016. Berbagai atraksi turut menyemarakkan Jazz on the beach party di Teleng Ria tersebut, diantaranya tari, musik jazz, pesta lampion dan kembang api, hingga atraksi sulap. Selain itu, pada hari ini, Sabtu (2/1/2016), Parai Teleng Ria juga menggelar Pesta Dangdut dengan bintang tamu duo bidadari.

Nuansa meriah juga terjadi di kompleks obyek wisata Pantai Pidakan yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Di pantai yang dikenal dengan pantai sejuta kerikil ini, pengelola Pantai Pidakan, Posdaya Dadirejo Jetak menggelar berbagai acara untuk menyemarakkan pesta liburan tahun baru.  

Semarak Pasar Rakyat di Pantai Soge dan Puring. (Foto: Dok.Pacitanku.com)
Semarak Pasar Rakyat di Pantai Soge dan Puring. (Foto: Dok.Pacitanku.com)

Adapun acara tersebut adalah pesta musik tahun baru Madu Tiga Pacitan, Koes Plus Mania dan terakhir adalah Musik Duta Nada yang digelar pada Minggu (3/1/2015) besok.

Tak jauh dari Pantai Pidakan, kompleks Pantai Puring dan Pantai Soge di Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo juga menggelar pasar rakyat malam. Di pantai yang berada di pinggir jalur lintas selatan (JLS) Pacitan ini, pengunjung dapat menikmati sajian permainan khas pasar malam, seperti roda berputar dan lain sebagianya. (RAPP002)