Dua Wisatawan Tewas Terseret Ombak Ganas Perairan Klayar

oleh -654 views

Pacitanku.com, DONOROJO – Kecelakaan laut (laka) laut berujung maut saat momentum liburan tahun baru kembali terjadi di Pacitan. Setelah pada Jumat kemarin laka laut terjadi di Pantai Dangkal, Kebonagung, kali ini laka laut terjadi di perairan Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Sabtu (2/1/2016) sekitar pukul 14.30 WIB.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com, laka laut di perairan Klayar menyebabkan dua wisatawan tenggelam dan meninggal dunia. Dua korban meninggal dunia tersebut masing-masing Bambang Cahyono (18), siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Badegan yang merupakan warga RT/RW 04/IV Dusun Ngadirogo Wetan, Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Sementara korban kedua adalah Fristian Ardianto (22) warga RT/RW 02/II Dusun Salak, Desa Jatigunung, Kecamatan Tulakan, Pacitan.

Informasi Aris Istianah dari Puskesmas Kalak, kronologi laka laut tersebut bermula dari rombongan 16 orang dari Kabupaten Ponorogo yang hendak berwisata menikmati liburan tahun baru 2016 di Pantai Klayar pada Sabtu siang sekitar pukul 12.00 WIB.

“Kemudian mereka bermain-main di dekat tebing bagian seruling samudera, sekitar pukul 14.30 WIB, tiba-tiba ombak datang dan menggulung empat orang dari rombongan tersebut, dua orang dinyatakan selamat atas nama Ahmad Komarudin (18) dan Nana (18) dari Ponorogo, kondisi korban selamat tidak luka, hanya shock, keduanya pun masing-masing menepi dan satunya ditolong petugas dari Pantai Klayar,” jelasnya.


Satu jam kemudian, imbuh Aris, tepatnya pukul 15.30 WIB, petugas berhasil mengangkat korban tenggelam atas nama Ardi. Selanjutnya sekitar pukul 16.15 WIB, korban kedua yang tenggelam, yakni Cahyono berhasil ditemukan. Keduanya dalam keadaan meninggal dunia. “Korban langsung dibawa ke puskesmas kalak untuk di autopsi,” tandasnya.

Usai dari Puskesmas Kalak, korban dibawa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. “Korban Fristian Ardianto sudah dikirim ke rumah dengan ambulan puskesmas kalak sekitar pukul 18.00 WIB, sementara Cahyono masih menunggu ambulan untuk dikirim ke Ponorogo,” ujar Wildan Nur Swi Harmoko, salah satu warga di Desa Sendang.

Laka laut ini menambah panjang daftar korban laka laut di awal tahun 2016. Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, pada Jumat (1/1/2016) kemarin laka laut juga menyebabkan seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) atas nama Mohamad Rheza Suprayogi (29) warga warga Jalan KH Ahmad Dahlan, RT/RW 03/XI Kecamatan Giripuro, Kabupaten Wonogiri tenggelam di perairan Dangkal, Desa Worawari, Kecamatan Kebonagung.

Hingga sabtu siang (2/1/2016), upaya tim SAR dan masyarakat Desa Worawari, Kecamatan Kebonagung dalam mencari pria yang akrab disapa Reza “Gindul” tersebut masih belum membuahkan hasil. (RAPP002)

Keterangan Foto: Suasana Pantai Klayar pasca dua orang wisatawan tenggelam di perairan Klayar. (Foto: Wildan Nur Swi H)