Basarnas Apresiasi Peringatan Setahun Jatuhnya Air Asia QZ8501

oleh -13516 views
Ilustrasi Basarnas.

Pacitanku.com, SURABAYA – Peringatan kegiatan satu tahun jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 di Mapolda Jatim oleh pihak airasia dan keluarga korban diapresiasi oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistiyo yang datang langsung dalam acara tersebut.

“Acara ini patut diapresiasi, karena Tidak semua orang berani menghadapi kenyataan. Di sini perusahaan penerbangan dan keluarga semua berkumpul untuk silaturahmi,” ujar Kepala Basarnas ditemui usai acara satu tahun AirAsia QZ8501 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Senin (28/12) dilansir laman Pemprov Jatim.

Dikatakannya, musibah jatuhnya pesawat rute Surabaya-Singapura ini tidak diinginkan semua pihak. Namun, dari peristiwa ini AirAsia belajar, Basarnas belajar dan semua pihak belajar. “Tapi, Tuhan semua yang mengatur. Sedih boleh, tapi hidup ke depan harus terus berjalan,” ujarnya.


Dalam forum ini, Soelistiyo tidak ingin mengingatkan kesedihan kepada para keluarga korban. Tapi, bagaimanapun peristiwa tersebut tidak bisa terlupakan. “Ini bisa terjadi pada semua orang dan perusahaan penerbangan. Buktinya, setelah Air Asia ada kecelaakaan pesawat lagi. Bahkan, ada kecelakaan kapal juga. Jadi, ada pelajaran dari kejadian ini,” ujarnya.

Dalam pantauan di lapangan, Peringatan satu tahun tragedi pesawat Air Asia QZ 8501 pada Senin, 28 Desember 2015 berlangsung tertutup. Acara tersebut berlangsung di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, bahkan dalam acara satu tahun tersebut tidak ada pernyataan resmi dari manajemen AirAsia terkait penyebab jatuhnya pesawat rute Surabaya-Singapura itu.

Salah satu korban Air Asia QZ 8501, Joe mengatakan kecewa hingga saat ini tidak ada permintaan maaf resmi dari pihak manajemen Air Asia kepada keluarga baik secara lisan, tertulis maupun melalui media.

Padahal menurut Joe, kecelakaan ini murni kesalahan dari pihak maskapai yang mengabaikan perbaikan mesin pesawat meski telah 23 kali sudah dilaporkan. “Mesin mengalami kerusakan. Lalu, jadwal penerbangan tanggal 28 Desember 2015 adalah jadwal penerbangan yang telah diubah dan baru diberitahukan melalui email,” terangnya. (pca/RAPP002)