Kelompok PKK Riau ini Apresiasi Produktivitas KRPL Melati Ngadirojo

oleh -Dibaca 1.107 kali
KRPL Melati di Ngadirojo Pacitan.
KRPL Melati di Ngadirojo Pacitan.

Pacitanku.com, NGADIROJO – Hamparan hijau dari beraneka tanaman sayuran dan buah-buahan serta obat-obatan yang tumbuh di areal KRPL di Dusun Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur telah mengundang rasa kagum dari Wakil Ketua III Tim Penggerak PKK Rohil, Lena Puspa Sari Arfan bersama anggotanya saat Studi Banding (Stuban) di sana.

Dari Stuban ini, setidaknya telah memberikan motivasi baru yang giliran dapat diterapkan di Kabupaten Rohil. ‘’Terus terang saja, kami sangat termotivasi melihat kerja keras dan kekompakan anggota kelompok KRPL KWT Melati Pacitan, Jatim ini,’’ kata Wakil Ketua III Tim Penggerak PKK Rohil, Hj Lena Puspa Sari Arfan yang sebagaimana dilansir laman Riau Pos, Sabtu (28/11/2015) di Pacitan.

Menurut Lena, dengan lahan yang sangat terbatas, masyarakatnya mampu memanfaatkan dengan baik. Kondisi tanah yang kurang subur, diolah bisa lahan pekarangan menjadi hijau dengan berbagai jenis sayuran-sayuran. ‘’Ini bisa mengurangi atau menekan pengeluaran keluarga,’’ tandasnya.

PKK Rohil saat berkunjung ke KRPL Ngadirojo. (Foto: Riau Pos)
PKK Rohil saat berkunjung ke KRPL Ngadirojo. (Foto: Riau Pos)

Selanjutnya, Lena tidak menafikan bahwa program KRPL sudah dilaksanakan di beberapa daerah atau kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Rohil. Hanya saja, KRPL yang sudah ada di beberapa daerah tersebut bakal terus dipertahankan dan ditingkatkan.  ‘’Hasil Stuban dari Pacitan ini, kita coba kembangkan dan terapkan di Kabupaten Rohil ini,’’ kata Lena.

Sementara, rombongan stuban KRPL di Pacitan selain Hj lena Puspa Sari Arfan juga terdapat Camat Rimbamelintang H Samzani bersama TP PKK Rimbamelintang, Camat Tanah Putih, Suryadi bersama TP PKK Tanah Putih dan Ketua KTNA Kabupaten Rohil, Alkahfi Sutikno.

Selanjutnya adalah kelompok wanita Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Rimbamelintang, Kecamatan Bagansinembah Raya, Kecamatan Batu Hampar dan Kecamatan Bangko. Kelompok wanita peserta stuband KRPL adalah Kelompok Wanita yang telah melaksanakan program KRPL baik bantuan maupun swadaya. (RAPP002/riaupos)