Pacitan Kembali Raih Adipura ke-8 Secara Beruntun

oleh -Dibaca 1.168 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional dengan penghargaan Piala Adipura untuk delapan kali berturut – turut. Di tahun 2015 ini, Pacitan kembali meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Selain Pacitan, sejumlah daerah di Indonesia memastikan meraih piala Adipura tahun 2015 diantaranya Kota Bandung, Banjarmasin, Makassar, Kabupaten Bulukumba, Maros, Parepare dan Boyolali.

Kepastian tersebut disampaikan dalam surat undangan untuk Kepala Daerah yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Tuti Hendrawati Mintarsih tertanggal 16 November 2015 lalu. Adapun, penyerahan penghargaan tersebut akan dilakukan pada hari ini, Senin (23/11/2015) pukul 19.00 WIB di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Soebroto, Kavling 71-73, Pancoran, DKI Jakarta.

Kepastian Pacitan mendapatkan Adipura kedelapan ini sudah melalui tiga tahap dan sudah diverifikasi tim penilai dengan perolehan skor yang cukup tinggi.

Meski ada satu titik, yakni pengelolaan Pasar Arjowinangun yang masih menjadi catatan terkait  pada ketersediaan drainase yang perlu dilakukan renovasi agar bisa berfungsi optimal, namun hal tersebut sudah diselesaikan.

“Kendala tersebut langsung mendapat perhatian satuan kerja terkait, bahkan saat ini, kekurangan tersebut sudah bisa terpenuhi, yaitu adanya pelebaran jalan serta renovasi drainase, tepatnya di pertigaan sebelah Timur terminal taksi, dinas terkait langsung turun lapangan dan melakukan pembenahan,” ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Pacitan T Andi Faliandra, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, piala Adipura tahun 2015 dibagi dalam empat kategori, yakni kota peraih anugerah Adipura Kencana. Piala ini diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance. Selanjutnya kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

Anugerah Adipura ini ada 65 kota yaitu lima kota metropolitan, tiga kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil. Selanjutnya kota peraih Sertifikat Adipura yang merupakan penghargaan kepada kota/ibukota kabupaten yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Peraih kota kategori ini ini ada 69 kota yaitu 1 kota kategori metropolitan, tiga kota kategori kota besar, 18 kota kategori sedang, dan 47 kota kategori kecil.

Terakhir kota Peraih Plakat Adipura yaitu penghargaan kepada lokasi terbaik sebanyak 17 kota dengan rincian taman kota terbaik empat kota, pasar terbaik tiga kota, terminal terbaik empat kota, hutan kota terbaik empat kota dan TPA terbaik tiga kota.

Setelah dipastikan mendapatkan Piala Adipura kedelapan secara beruntun, rencananya besok, Selasa (24/11/2015) piala Adipura akan kembali dikirab oleh rombongan Bupati Pacitan. Adapun, rute kirab Adipura seperti yang diperoleh Pacitanku.com akan dilaksanakan mulai dari tugu batas di Desa Cemeng, Kecamatan Donorojo dan akan berakhir di Pendopo Kabupaten Pacitan. (RAPP002)