Kilas Balik Prestasi Adipura yang Diraih Pacitan Delapan Kali Beruntun

oleh -Dibaca 1.112 kali
Bupati Indartato menerima penghargaan Piala Adipura di Jakarta, Senin (23/11/2015).
Bupati Indartato menerima penghargaan Piala Adipura di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Pacitanku.com, PACITAN – Untuk kedelapan kalinya, Kabupaten Pacitan berhasil mendapatkan prestasi membanggakan, yakni supremasi tertinggi bidang kebersihan dan lingkungan hidup Anugerah Adipura, dimana Pacitan berhak mendapatkan untuk kategori kota kecil.

Dengan demikian, untuk periode tahun ini, Pacitan masuk menjadi salah satu diantara 154 kota, baik kota maupun ibu kota kabupaten, berhasil meraih anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan Piala Adipura  untuk Pacitan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Indartato, Senin (23/11/2015) di  di Jakarta, dalam Malam Anugerah Lingkungan. Acara ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kategori Anugerah Adipura Kencana diberikan untuk kota yang kinerja pengelolaan lingkungannya di atas yang telah ditentukan atau disebut dengan istilah beyond complianceyang diterima oleh tiga kota.

Selanjutnya, ada 65 kota yang mendapatkan Anugerah Adipura. Kategori ini diberikan untuk kota yang pengelolaan lingkungannya memenuhi syarat Anugerah Adipura.

Sebagai informasi, Adipura adalah penghargaan untuk kota-kota di Indonesia yang dinilai berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dalam pemberiannya, Adipura dikategorikan dalam empat kategori yaitu kota metropolitan, kota besar,  kota sedang dan kota kecil.

Berdasarkan penelusuran Pacitanku.com, Pacitan sendiri, sejak tahun 2008 hingga tahun 2015 telah berhasil mendapatkan Piala Adipura secara beruntun, yang mencerminkan konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sebelum mendapatkan Piala Adipura 8 kali beruntun, Pacitan sudah pernah mendapatkan Piala Adipura pada tahun 1995, 1996 dan 1997 yakni pada masa kepemimpinan Bupati Kol Inf (Purn) Sutjipto Hs. Sehingga total perolehan Piala Adipura di Pacitan hingga tahun 2015 ini adalah 11 piala.

Penyerahan Piala Adipura ke II Pacitan oleh Pada Tahun 2009
Penyerahan Piala Adipura ke II Pacitan oleh Pada Tahun 2009

Adapun, Piala Adipura yang diperoleh secara beruntun dimulai sejak tahun 2008, kala itu, adipura diberikan kepada Bupati (alm) H Suyono pada Kamis (5/6/2008). Kemudian setahun berikutnya, Pacitan kembali meraih Adipura pada Jumat (5/6/2009) yang diberikan kepada Bupati (alm) H Suyono.

Pada tahun 2010, Pacitan mendapatkan prestasi membanggakan ini yang diterima pada Selasa (8/6/2010) yang saat itu masih diterima oleh Bupati (alm) H Suyono. Selanjutnya, pada tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan Piala Adipura kelima secara beruntun atau ke delapan kepada Bupati Indartato pada Selasa (7/6/2011).

Penyerahan Adipura ke empat di Jakarta pada tahun 2011.
Penyerahan Adipura ke empat di Jakarta pada tahun 2011.

Setahun kemudian, tepatnya pada Selasa (5/6/2012), Bupati Indartato kembali diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan Piala Adipura untuk keenam kalinya secara beruntun atau Piala Adipura kesembilan. Tahun 2013, lagi-lagi Pacitan mendapatkan kehormatan sebagai kota kecil yang mendapatkan prestasi Piala Adipura, yang diserahterimakan oleh  Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya kepada Bupati Pacitan, Indartato di Jakarta, tepatnya pada Senin (10/6 2013) lalu.

Penyerahan Piala Adipura ke 7 Pacitan.
Penyerahan Piala Adipura ke 7 Pacitan.

Pada tahun lalu, tepatnya Kamis (5/6/2014), Pacitan kembali mendapatkan penghargaan Piala Adipura untuk tujuh kali secara berturut-turut atau piala ke 10, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Indonesia saat itu, Boediono kepada Bupati Pacitan Indartato. Dan pada tahun ini, Piala Adipura kedelapan secara beruntun kembali mampir di Pacitan yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada hari ini, Senin (23/11/2015).

Selamat untuk Pacitan.

(RAPP002)