Bambang Susanto Cabup Terkaya di Pilkada Pacitan

oleh -Dibaca 6.181 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pacitan merilis data kekayaan calon bupati dan wakil bupati Pacitan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

Menurut Wahyu Nugroho, Komisioner KPUD Pacitan Divisi Hukum, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (17/11/2015) kemarin menyampaikan bahwa calon bupati (Cabup) Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berada di nomor urut dua menjadi calon terkaya dengan total harta kekayaan mencapai Rp 8,8 milyar.

“Beliau (Bambang-red) memiliki bisnis pengolahan kertas dan keberadaan tanah dengan luasan sekitar seribu meter persegi, tanahnya banyak, ada dimana-mana, saya tidak bisa sebutkan satu persatu-satu,’’ tandasnya.

Sementara, calon yang memiliki kekayaan dibawah Bambang adalah calon wakil bupati (Cawabup) Drs. H. Yudi Sumbogo. Mantan legislator Partai Demokrat asal Arjosari ini memiliki kekayaan dengan total mencapai Rp 2,2 milyar. “Selain dihitung dari kepemilikan tanah, jumlah harta kekayaan itu didapat dari bisnis pertambangan yang dijalani Mbogo,” jelas Wahyu.

Berada di posisi ketiga, adalah cabup incumbent, yakni Drs. H Indartato, MM. Total kekayaan pria yang juga mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan tersebut adalah Rp 1,2 milyar, atau naik sekitar Rp 400 juta saat melakukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Oktober 2013 lalu, dimana saat itu, Indartato memiliki kekayaan Rp 830 juta.

Di urutan terakhir atau keempat, adalah harta kekayaan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md dengan total kekayaan Rp 262,3 juta. Jumlah kekayaan pengusaha properti tersebut diperoleh dari bisnis properti di DI Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). Pilkada Pacitan sendiri akan digelar pada Rabu,  9 Desember mendatang. (her/yup/RM/RAPP002)

Rincian Harta Kekayaan Cabup-Cawabup Pilkada Pacitan (Sumber: KPUD Pacitan)

NoNama CalonTotal KekayaanRincian Kekayaan
1Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MMRp 8,8 milyarBisnis pengolahan kertas, tanah
2Drs. H. Yudi SumbogoRp 2,2 milyarBisnis Pertambangan, Tanah
3Drs. H. Indartato, MMRp 1,2 milyarTanah, Deposito Bank
4Hj. Sri Retno Dhewanti, A. MdRp 262,3 jutaBisnis Properti