Bupati Resmikan Bendungan Wisata Kali Barong

oleh -Dibaca 1.677 kali

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM akhirnya secara simbolis meresmikan bendungan wisata di sungai Barong, Dusun Barong Wetan, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Minggu (15/11/2015).

Dalam sambutannya, Indartato mengapresiasi prakarsa masyarakat setempat, terutama warga Dusun Barong Wetan, atas adanya bendungan wisata yang memiliki panjang sekitar 150 meter tersebut.

“Kedepannya, kami atas nama pemerintah Kabupaten Pacitan akan support dusun Barong wetan dan Candi sebagai destinasi wisata baru dalam bentuk desa wisata,” jelasnya.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkab mengembangkan desa wisata di Sungai Barong, Bupati menjadi meminta SKPD untuk menggelar festival dayung di sungai Barong.

“Dalam waktu dekat, kami meminta pak Sekda Pacitan untuk membuat acara jalan sehat bersama seluruh pimpinan SKPD dari desa Poko sampai desa Candi dan berhenti di kali barong untuk melakukan olah raga dayung bersama,” papar Indartato.

Sementara, pengelola desa wisata Sungai Barong, Muhammad Rofiqin, menyatakan bahwa adanya bendungan wisata Sungai Barong ini adalah dalam rangka membantu pemerintah setempat dalam membuat destinasi wisata baru di Pacitan.

“Pelaksanaan kegiatan ini dari awal perencanaan sampai saat ini, tanpa sedikitpun ada biaya masuk dan keluar. Dimana semuanya murni dari masyarakat sekitar, harapannya, dengan ikut berpartisipasinya masyarakat setempat, mereka akan merasa memiliki Sungai barong ini sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Dalam peresmian bendungan wisata Kali Barong ini, selain bupati Pacitan, turut hadir Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Wasi Prayitno, dan jajaran tokoh masyarakat setempat. (BSPP005)