Lima Destinasi Wisata Asyik Pacitan Akhir Pekan Ini

oleh -131.108 views
Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)
Tempat wisata Pacitan, Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Guys, akhir pekan akan kembali menyapa. Sudahkah kamu menentukan destinasi wisata kamu di akhir pekan ini? jika belum, mungkin bisa coba referensi wisata di Pacitan pilihan dari Pacitanku.com ini.

Karena biasanya akhir pekan, bagi para pegawai kantoran yang sudah biasa dengan rutinitas dan kesibukan, memerlukan suasana santai, tak bising, tenang, namun juga tetap bisa menikmati keasrian dan keelokan panorama wisata di Pacitan. Nah, salah satu rekomendasinya adalah obyek wisata Pacitan di bagian tenggara ini, yakni obyek wisata di seputaran jalur lintas selatan (JLS) Pacitan di wilayah Ngadirojo dan Tulakan. Mau tau apa aja? Simak berikut ini.

  1. Wisata pendidikan dan petualangan Pantai Taman

Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)Tak salah rasanya jka menyebut kawasan wisata Pantai Taman, di Desa Hadiwarno, Ngadirojo menjadi salah satu obyek wisata yang menyajikan nuansa edukatif atau pendidikan di Pacitan. Selain wisata pantai, di Pantai Taman sendiri saat ini tengah dikembangkan flying fox sebagai obyek wisata petualangan, dan yang tak kalah penting dalam konsep wisata pendidikan adalah pengembanga konservasi penyu.

kini juga ada ekowisata mangrove, konservasi penyu dan tentu saja kawasan konservasi penyu yang menjadi andalan dari kawasan wisata pendidikan dan konservasi pantai Taman ini.

Selain karena memang kawasan ini untuk rekreasi keluarga, kompleks pantai Taman juga menawarkan wisata pendidikan yang ditujukan untuk akademisi, sekolah maupun berbagai stake holder pendidikan lainnya.

 

  1. Kesunyian dan Keelokan Pantai Pidakan

Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)Pantai Pidakan bisa dikatakan sebagai pantai yang masih natural, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami.

Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material pantainya 70 % yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

Selain itu di pantai ini terdapat juga karang yang seakan –akan keberadaannya sebagai kolam -kolam pemijahan ikan yang disiapkan kepada para pengunjung untuk memancing ataupun berenang didalamnya, selain tentunya yang menjadi khas di Pantai pacitan adalah pasir putihnya, tak terkecuali Pantai Pidakan.

  1. Beli Ikan di Pantai Tawangsari

Kawasan Pantai Tawang dengan perahu nelayan berjejer. (Foto: Dok Pacitanku)Setelah puas menikmati keindahan pesona pantai di Ngadirojo, kini saatnya kamu beli oleh-oleh khas pesisir pantai di Pacitan. di pantai Tawangsari ada semuanya, yakni ikan dengan beraneka ragam dan jenis, yang tentunya bisa dinikmati dirumah bersama keluarga tercinta. Tak hanya ikan, anda juga bisa membelikan keluarga oleh-oleh souvenir dan kuliner asli Nagdirojo, yakni kolong klitik, bisa dibeli di toko oleh-oleh atau pasar Nagdirojo.

  1. Borong Batik Lorok di Cokrokembang

Kerajinan batik Pacitan di pamerkan di halal bihalal PWP. (Foto : Doc. Info Pacitan)Selain makanan, Anda juga bisa membeli produk khas Pacitan lain, yakni batik Lorok. Batik tulis khas pacitan tergolong jenis klasik seperti Motif Sidomulyo, sekar jagat, Semen Romodan kembang-kembang. Kegiatan ini banyak dilakukan sebagai kegiatan sampingan di Kecamatan Pacitan dan Ngadirojo, Jenis: Kain Panjang, Sarung, Baju, Selendang, Ikat Kepala, Taplak Meja dan lain-lain.

Karena salah satu potensi unggulan yang diyakini kedepan akan menjadi komoditas uatama Pacitan dari sektor ekonomi adalah potensi batik Pacitan. Dan salah satu tempat penghasil batik Khas Pacitan adalah di Kecamatan Ngadirojo atau Lorok. Produk batik dari Kecamatan ini adalah batik puri. Tempat pembuatan batik Puri ini tepatnya di desa Cokrokembang kecamatan ngadirojo pacitan, yang jaraknya sekitar 45 Km dari pusat kota Pacitan.

  1. Kala Senja di Pantai Soge

JLS dari atas Pantai SogeTempat ter-asyik kedua adalah Pantai Soge. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan panorama Jalur Lintas Selatan (JLS) yang elok dan tentunya panorma sunset yang bisa juga kamu nikmati sembari menunggu bedug yang dirindukan pun tiba.

Tak jauh dari Pantai Soge, ada jembatan soge juga merupakan tempat alternatif para ngabuburit-ers. Jembatan baru yang letaknya cukup strategis, yakni di JLS, pantai Soge dan sungai Soge ini memang cukup direkomendasikan untuk menikmati sensasi ngabuburit bareng teman – teman. Lighting atau cahaya yang bagus, jembatan dengan konstruksi yang baik, disertai spot fotografi yang aduhai membuat jembatan soge layak kamu jadikan tempat ngabuburit.

(RAPP002)