Jalur Gemaharjo Kembali Amblas, Kendaraan Roda Empat Keatas Tak Bisa Lewat

oleh -13820 views

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Jalur yang menghubungkan Pacitan menuju Ponorogo, yakni di dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo kembali amblas pada kamis (15/10/2015) malam sekitar pukul 22.45 WIB. Jalur yang terletak di km 48 kecamatan Tegalombo  tersebut mengalami amblas dan tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat keatas.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com, roda empat keatas disiapkan jalur alternatif, yakni Pacitan-Ngadirojo-Purwantoro-Ponorogo dan Pacitan-Arjosari-Nawangan-Purwantoro-Ponorogo. Dengan rincian untuk kendaraan besar melewati jalur alternatif pertama (Pacitan-Ngadirojo-Purwantoro-Ponorogo) dikarenakan jalur alternatf ke-dua (Pacitan-Arjosari-Nawangan-Pacitan) kondisinya sempit.

Putusnya jalur terjadi dengan lokasi merupakan titik tanah amblas membentang di sepanjang bahu jalan. Sebelumnya, Unit Pelaksana Teknis Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Pacitan melakukan pengurukan di lokasi amblas. Namun upaya itu tidak mampu menghentikan pergerakan tanah.

jalur ambles di Gemaharjo. (Foto: Cahyo Alfarisi/info Pacitan)
jalur ambles di Gemaharjo. (Foto: Cahyo Alfarisi/info Pacitan)

Sebelumnya pada Jumat (24/4/2015) lalu jalur ini mengalami amblas akibat hujan deras. Kemudian, pada Rabu (29/4/2015), jalur tersebut sudah dilakukan perbaikan dengan cara melakukan pengurukan material amblas sementara.

Namun akibat hujan, jalan tersebut kembali amblas pada Senin (4/5/2015) pagi WIB. Jalan raya provinsi yang rusak di kilometer 225 itu sepanjang 30 meter.  Sekitar lima bulan kemudian, tepatnya kamis (15/10/2015), jalur ini kembali amblas padahal sedang berada di musim kemarau.