DPS Pilkada Pacitan Capai 475.243 Jiwa

oleh -680 views
Damhudi saat menyerahkan DPS kepada timses paslon Bupati Pacitan. (Foto: FB/Damhudi)
Damhudi saat menyerahkan DPS kepada timses paslon Bupati Pacitan. (Foto: FB/Damhudi)

Pacitanku.com, PACITAN – Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan yang digelar Desember mendatang mencapai 475.243 Jiwa yang tersebar di 12 kecamatan (171 desa dan kelurahan) di wilayah itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, Damhudi  mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan hasil pemutakhiran data yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 12 kecamatan.

“PPK di seluruh kecamatan kami kumpulkan dan mereka menyerahkan hasil pemutakhiran data pemilih di wilayahnya masing-masing, sehingga kami bisa mengumumkan DPS Pilkada Kabupaten Pacitan sebanyak 475.243 Jiwa,” katanya saat menyampaikan rekapitulasi DPS,  Selasa (1/9/2015) di hotel Srikandi, Pacitan.

Menurut Damhudi, setelah selesai pengumuman DPS Pilkada Kabupaten Pacitan, KPU akan melakukan pemutakhiran data kembali untuk selanjutnya ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada setempat.

Dari jumlah DPS sebanyak 475.243 jiwa itu terdiri dari pemilih laki-laki sejumlah  234.146 dan pemilih perempuan sejumlah 241.097 jiwa. Dari total 475.243 DPS tersebut tersebar di 740 Tempat Pemungutan suara yang tersebar di 171 desa dan kelurahan di Pacitan.

Untuk jumlah DPS terbanyak di Kecamatan Tulakan dengan 67.705 jiwa dan jumlah paling sedikit di kecamatan Pringkuku sebanyak 25.758 jiwa.

Sebagai informasi, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun lalu, total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pacitan mencapai 461.268 jiwa. Dengan demikian, pada DPS Pilkada Pacitan tahun ini meningkat 13975 dari DPT Pilpres 2014 lalu.  

Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pilkada Pacitan sendiri akan digelar pada Kamis 9 Desember mendatang. (RAPP002)