Pemerintah Targetkan JLS Wonogiri-Pacitan Hingga Blitar-Malang Tuntas 2019

oleh -13915 views
JLS dari atas Pantai Soge
JLS dari atas Pantai Soge
JLS dari atas Pantai Soge
JLS dari atas Pantai Soge

Pacitanku.com, TRENGGALEK – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan jalan lintas selatan (JLS) dari Wonogiri, Jawa Tengah, Pacitan hingga Blitar-Malang bisa tuntas maksimal pada 2019.

Hal itu disampaikan oleh kata Kepala Badan Pengembangan infrastruktur Wilayah Kementrian PU dan Perumahan Rakyat, Hermanto Dardak di Trenggalek, Selasa lalu, disela mendampingi Presiden Jokowi berkunjung di Trenggalek.

Menurut Hermanto, saat ini memang pembangunan JLS tersebut masih terkendala pembebasan lahan milik Perhutani. “Namun saat ini sudah menemui titik terang setelah pemerintah melalui Kementerian Kehutanan memberi dispensasi untuk pembangunan jalur lintas selatan tersebut,” ungkapnya.

Rencana percepatan penyelesaian pembangunan jls ini tak lepas dari rencana pemerintah mempercepat pembangunan wilayah di koridor selatan Jawa Timur untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan sektor tengah dan utara Pulau Jawa yang lebih maju.

“Pemerintah sedang mengupayakan peningkatan konektifitas pembangunan antara sektor selatan dengan utara yang lebih maju. Salah satunya ya melalu percepatan pembangunan jalur lintas selatan Jatim ini,” jelasnya.

Dikatakan Hermanto, secara bertahap, pembangunan lokasi-lokasi yang diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kawasan saat ini terus dikembangkan untuk mendukung proses pertumbuhan yang sudah dimulai.

Menurutnya, jika proyek percepatan pertumbuhan ekonomi yang masuk proyeksi rencana pembangunan jangka menengah nasional itu berhasil, ujar Hermanto, tidak menutup kemungkinan program serupa akan dilakukan di daerah-daerah lain di pesisir selatan Jawa, baik di Jatim, Jateng, maupun Jawa Barat.

Menurut Hermanto, selama ini pertumbuhan ekonomi antara koridor utara dan selatan tidak berimbang. Koridor utara antara Semarang-Surabaya, Surabaya-Malang, maupun Surabaya-Madiun-Yogyakarta jauh lebih maju secara perekonomian dibanding koridor selatan seperti di Trenggalek, Pacitan, Tulungagung hingga Malang melalui jalur lintas selatan. (RAPP002)