Akik Kalsedon Pacitan Juara Umum Festival Batu Nasional, Raih Piala Wakil Gubernur DIY

oleh -131.248 views
Para pengunjung Pesona Batu Nusantara di JEC. (Foto: KR JOgja)
Para pengunjung Pesona Batu Nusantara di JEC. (Foto: KR JOgja)
Para pengunjung Pesona Batu Nusantara di JEC. (Foto: KR JOgja)
Para pengunjung Pesona Batu Nusantara di JEC. (Foto: KR JOgja)

Pacitanku.com, BANTUL – Tak salah menjuluki Kabupaten Pacitan adalah gudangnya batu akik berkualitas nomor satu. Hal itu dibuktikan saat akik asal Pacitan merajai Festival Batu Nasional Pesona Batu Nusantara, di Jogja Expo Center (JEC) akan pekan lalu.

Tercatat, dari total 15 kategori lomba yang diselenggarakan panitia selama gelaran pameran ‘Pesona Batu Nusantara’, para kontestan asal Pacitan menyabet 6 titel juara atau yang terbanyak dan berhak atas Piala Wakil Gubernur DIY.

Yoga pemilik ‘Family Gemstonesia Chalsedony’ yang tergabung dalam kelompok Pacitan mengatakan, tiga batu miliknya yang dikutkan lomba menggondol juara I yakni untuk kategori Kelsedon Hijau, Pancawarna dan Fire Opal Kuning. Selain itu Yoga juga meraih juara 3 untuk kategori Kalsedon Merah dan juara 5 ketegori Kalsedon Orange.  “Kami bersyukur batu-batu kami bisa juara,” kata Yogya sebagaimana dilansir dari KRjogja.com, Selasa (18/8/2015).

Sebelum Pacitan dinobatkan sebagai juara umum, akik Pacitan dengan jenis Kalsedon putih (white chalcedony) sukses menjadi juara pertama dalam pemeran batu tingkat nasional ‘Pesona Batu Nusantara’ di Hall A Jogja Expo Center (JEC) hari kedua, Sabtu (15/8/2015) kemarin. Akik Kalsedon putih yang dimiliki oleh Blondo, asal pacitan tersebut menang untuk kategori Kalsedon Putih (White) sehingga berhak atas piala, sertifikat serta hadiah uang tunai.

Pameran Pesona Batu Nusantara ini merupakan salah satu wujud karya persembahan anak bangsa untuk negeri. Dengan menghadirkan banyak koleksi batu dari berbagai penjuru nusantara, akan menambah rasa cinta terhadap tanah air. (KRJogja/RAPP002)