Yudi Sumbogo Resmi Dampingi Indartato, Nasdem Berpaling ke Koalisi Gemuk

oleh -101.670 views
Indartato Yudi Sambogo siap maju dalam Pilkada Pacitan
Indartato Yudi Sambogo siap maju dalam Pilkada Pacitan
Indartato Yudi Sambogo siap maju dalam Pilkada Pacitan
Indartato Yudi Sambogo siap maju dalam Pilkada Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Dua hari jelang pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, suasana politik kian memanas. Hal itu dipastikan setelah keputuan dari Dewan Pimpinan Puasat (DPP) Partai Demokrat resmi mengusung anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan, Yudi Sumbogo sebagai calon wakil Bupati. Dengan demikian, Yudi resmi mendampingi Indartato sebagai pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati dari Partai Demokrat.

Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan, Ronny Wahyono, Yudi Sumbogo muncul sebagai calon pendamping Indartato dari keempat nama yang disodorkan ke DPP, sehingga dengan turunnya rekomendasi dari DPP soal bakal calon wakil bupati, pasangan calon kepala daerah yang diusung Demokrat sudah siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sebenarnya informasi tersebut baru akan kita sampaikan ke media pada Minggu (26/7) nanti, dan pada hari senin, kita akan daftarkan ke KPU pasangan tersebut (Indartato-Yudi Sumbogo),” ungkapnya, Kamis (23/7/2015) kemarin, kepada wartawan.

Nasdem Berpaling ke Koalisi Gemuk

Selain kepastian Partai Demokrat mengusung duet Indartato-Yudi Sumbogo, beberapa hari sebelumnya, koalisi gemuk semakin bertambah setelah Partai Nasional Demokrat (NasDem) dikabarkan berpaling ke koalisi gemuk setelah hampir dua bulan mereka digantung oleh Partai Demokrat.

‘’Kami sebenarnya menunggu komitmen dari Partai Demokrat. Tapi, hingga saat ini belum ada keseriusan sama sekali. Mereka jawabnya menunggu DPP. Begitu terus. Padahal, kami juga ditekan oleh DPP untuk segera membuat keputusan secepatnya karena waktunya sudah mepet,’’ ujar Tugino, Ketua DPC Partai NasDem Pacitan saat dikonfirmasi wartawan.

Sehingga, Nasdem sepakat dengan parpol lain untuk menyelamatkan Pilkada Pacitan agar tidak tertunda. Menurut Tugino, saat ini proses lobi dengan parpol yang tergabung dalam koalisi besar masih terus dijalankan. Bahkan, pihaknya juga tengah mempertimbangkan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan sejumlah parpol anggota koalisi besar. ‘’Sudah ada tawaran dari PDI Perjuangan untuk segera melakukan penandatanganan MoU,’’ ungkapnya.

Dengan demikian, peta politik jelang Pilkada di Pacitan semakin menarik. Diprediksi, Partai Demokrat yang merupakan partai tunggal dan bisa mengusung sendiri cabup-cawabup, akan dikeroyok partai lainnya. Partai Demokrat bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan head to head dengan koalisi gemuk yang dipimpin PDI Perjuangan bersama Partai Golkar, Nasdem dan sejumlah partai lainnya. (RAPP002/her/eba)