Meski Obyek Wisata Pacitan Dibanjiri Pengunjung, Kendala Infrastuktur Masih Dikeluhkan

oleh -101.358 views
Pantai Klayar saat siang hari dari atas (Dok.Pacitanku)
Pantai Klayar saat siang hari dari atas (Dok.Pacitanku)
Pantai Klayar saat siang hari dari atas (Dok.Pacitanku)
Pantai Klayar saat siang hari dari atas (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Momentum liburan hari raya Idul Fitri 1436 H membuat animo kunjungan wisata di obyek wisata unggulan di Kabupaten Pacitan meningkat pesat. Obyek wisata yang mengalami kenaikan kunjungan secara signifikan adalah Pantai Klayar, Goa Gong, Pantai Teleng Ria dan Pemandian Air Hangat Tirta Husada.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Wasi Prayitno, dalam sehari pantai pantai Klayar juga sempat didatangi hampir sebelas ribu lebih pengunjung. “Objek wisata kedua adalah Goa Gong. Jumlah pengunjungnya cukup tinggi meskipun tidak sebanding dengan wisata Pantai Klayar,” jelasnya, Kamis (23/7/2015) kemarin kepada wartawan.

Berdasarkan pantauan, bahkan jumlah pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan mobil yang melintas meningkat drastis dibanding hari biasa. Pihak Kepolisian setempat juga sempat menutup jalur di pertigaan Desa Kendal, Kecamatan Punung, yang berjarak 17 kilometer dari Pantai Klayar, selama dua jam.

Pengunjung yang hendak ke Pantai Klayar pun kecewa karena jalan ditutup bagi mobil. Mereka berputar arah menuju jalur Pacitan-Solo di pertigaan Desa/Kecamatan Punung dan mengeluhkan kondisi ini. “Kecewa juga, karena belum bisa ke Pantai Klayar hari ini (Minggu). Jalan macet karena sempit,” kata Vian, yang hendak berwisata ke Pantai Klayar dengan mengendarai mobil.

Dengan kondisi ini, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengakui bahwa masih banyak kendala yang selama ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Pacitan. Salah satunya ketersediaan infrastruktur yang dianggapnya masih perlu pembenahan, terutama akses jalan menuju Pantai Klayar.

Meski sudah dilakukan pelebaran badan jalan, dari tiga meter menjadi enam meter, namun upaya tersebut tetap belum bisa menjawab kendala kemacetan saat puncak kunjungan wisata seperti pada libur lebaran ini kali.

Untuk itu, Pemkab melalui Dinas Bina Marga, Dinas Bina Marga dan Pengairan pasca Lebaran ini akan mulai merencanakan pelebaran jalan menuju objek wisata Pantai Klayar. Saat ini masih dalam proses perencanaan teknis untuk ketersediaan anggaran akan dialokasikan pada dana alokasi khusus (DAK) tambahan. (RAPP002)