Pemprov Jatim Berangkatkan 4550 Pemudik ke Daerah

oleh -10534 views
Pakde Karwo memberangkatkan pemudik gratis ke daerah. (FOto: Jatimprov.go.id)
Pakde Karwo memberangkatkan pemudik gratis ke daerah. (FOto: Jatimprov.go.id)
Pakde Karwo memberangkatkan pemudik gratis ke daerah. (FOto: Jatimprov.go.id)
Pakde Karwo memberangkatkan pemudik gratis ke daerah. (FOto: Jatimprov.go.id)

Pacitanku.com, SURABAYA – Sebanyak 4550 peserta mudik gratis oleh Pemprov Jatim telah diberangkatkan langsung oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Selasa (14/7/2015), di kantor Dishub dan LLAJ Jatim.

Menurut pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu, satu sikap basis kepemerintahan yang baik adalah pemerintah harus meringankan dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang kesulitan. Maka dari itu, pemprov menyiapkan dan mengkoordinasikan program ini bukan dari APBD tetapi bekerjasama dengan pihak swasta, perusahaan, dan BUMN.

Soekarwo juga meminta kepada walikota dan bupati untuk ikut mendukung program pemerintah ini. Disamping itu, Soekarwo juga mengimbau agar para pemudik menaati peraturan dan mengingatkan sopir agar berhati-hati dalam berkendara. “Bilang sama sopirnya, jangan emosi, jangan kebut-kebutan. Semoga selamat sampai tujuan,” imbaunya.

Moda bus untuk mudik gratis ini tahun ini meningkat hingga mencapai 685 bus dengan total 68.350 penumpang. Dari jumlah itu, mudik diselenggarakan dari pemerintah Provinsi, besama kabupaten Jawa Timur, swasta serta BUMN menyediakan mudik dan balik gratis dengan kapasitas 165.493 penumpang.

Pemberangkatkan pertama adalah bus tujuan Pacitan, lalu diikuti oleh bus tujuan Bojonegoro, Tuban, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Magetan, Banyuwangi, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Ponorogo.

Pemberangkatan mudik gratis moda jalur darat (bus) gelombang pertama yang diberangkatkan mulai hari ini di depan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, Senin (14/7) ternyata sudah dipadati pemudik yang hadir sejak pukul 05.30 WIB.

Sebelum keberangkatan, pemudik diharuskan untuk melakukan tes kesehatan yang sudah disediakan oleh Dishub, serta dilakukan pendataan kembali bagi para pemudik. Pemberangkatan bus mudik gratis ini dilepas langsung secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo didampingi Kadishub dan LLAJ Jatim Wahid Wahyudi, Ketua Organda Jatim Mustofa dan jajaran instansi terkait.

Selain untuk masyarakat umum, Pemprov  juga menyiapkan mudik gratis untuk mahasiswa yang bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair dan ITS. Total keseluruhan bus yang disediakan adalah 567 untuk berangkat dan 118 untuk arus balik mudik. (Pemprov Jatim/RAPP002)