Bupati Berikan Bingkisan Lebaran untuk Pemulung Dadapan

oleh -10775 views
Bupati beri bingkisan untuk Pemulung. (Foto: SKPD)
Bupati beri bingkisan untuk Pemulung. (Foto: SKPD)
Bupati beri bingkisan untuk Pemulung. (Foto: SKPD)
Bupati beri bingkisan untuk Pemulung. (Foto: SKPD)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua hari jelang Lebaran, kegembiraan juga dirasakan oleh para pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Dadapan, Pringkuku. Pasalnya, para pemulung sampah tersebut mendapatkan paket bingkisan Lebaran dari Bupati Pacitan, Indartato, Selasa (14/7/2015) siang kemarin.

Bupati Indartato menyerahkan bingkisan kepada 13 anggota Organisasi Pemulung Pacitan (ORPEP) yang setiap hari bekerja memilah sampah di TPA Dadapan. Bupati Indartato berharap, kisah sukses pemulung Dadapan dapat menjadi contoh dan diterapkan di lokasi lain.

Harapannya, upaya menciptakan lingkungan bersih dapat terwujud di semua wilayah. “Atas nama pemerintah daerah saya sampaikan terima kasih kepada para pemulung yang telah giat bekerja,” katanya, sebagaimana dilansir laman SKPD Pacitan, Rabu (15/7/2015).

Sementara, Ismiati, Ketua Organisasi Pemulung Pacitan menyatakan, berkat sentuhan tangan para pemulung, sampah yang sebelumnya menggunung dapat diolah menjadi produk bernilai. Terlebih, setelah terbentuknya organisasi dimana anggota dapat bekerja secara kelompok dan berbagi ilmu.

Hanya saja, dalam hal kesehatan mereka belum mendapat perhatian memadai. “Kami ini setiap hari bersentuhan dengan limbah. Kita berharap pemerintah daerah secara berkala dapat memberikan obat-obatan atau layanan kesehatan kepada kami,” tutur Ismiati.

Sukses pengelolaan sampah di TPA Dadapan tak dapat dilepaskan dari peran pemulung. Mereka tak hanya memungut limbah namun juga memanfaatkannya menjadi potensi ekonomi. TPA Dadapan sendiri merupakan pusat pembuangan sampah terbesar di Pacitan. Sarana yang baru beroperasi dua tahun terakhir ini dilengkapi fasilitas pendukung seperti jembatan timbang, pengolah sampah organik, serta penampungan sampah ramah lingkungan. (Pur/Riz/SKPD/RAPP002)