Budayawan: Pantai adalah Masa Depan Pariwisata Pacitan

oleh -780 views
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyaknya potensi wisata pantai di Pacitan membuat siapapun yang berkunjung ke kampung halaman Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan terpukau, terutama potensi wisata pantai dan alamnya yang indah.

Belum lama ini, budayawan terkemuka asal Kabupaten Ponorogo, Sutejo turut mengagumi potensi wisata, terutama pantai di Pacitan. Menurut Sutejo ysng beberapa kali berkunjung ke Pacitan, daerah itu memang memiliki kekayaan pantai yang luar biasa. “Pantai adalah masa depan bagi pariwisata Pacitan,” tandasnya, belum lama ini.

Lebih lanjut, Sutejo mengungkapkan bahwa selain pantai, dirinya juga mengagumi keindahan alam di Pacitan yang berkelok – kelok namun menawarkan keindahan. “Selain potensi alam lainnya, jalan dari kota menuju pantai yang berkelok-kelok juga sangat indah,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Pacitan memiliki garis pantai 71 kilometer terbentang dari barat ke timur. Dari 71 kilometer pantai itu, saat ini terdeteksi ada 36 lokasi di tujuh kecamatan yang berpotensi dikembangkan mendulang rupiah di sektor pariwisata. Dari 36 itu, yang dikelola baru 11 lokasi, masing-masing oleh pemerintah daerah, swasta dan desa, dusun atau kelompok masyarakat.

Lokasi yang dikelola oleh pemerintah daerah ada lima, yakni Klayar, Srau, Watukarung, Pancer Door dan Taman. Satu dikelola oleh swasta, yakni Pantai Teleng. Sementara itu, lima yang dikelola oleh desa, dusun atau kelompok masyarakat adalah, Banyutibo, Buyutan, Ngiroboyo, Pidaan, dan Soge. Sementara, pada tahun 2016 akan ada beberapa lagi pantai di Pacitan yang akan dikelola oleh pemerintah daerah untuk objek wisata baru. (Antara/RAPP002/Masuki M Astro)